Belanja merupakan suatu kegiatan yang terkadang membuat kita kalap atau lupa diri. Biasanya orang-orang yang gemar belanja dan menghamburkan uang ini akan tergiur dengan diskon gede-gedean di beberapa platform belanja online.

Baca juga: Anda Ingin Taklukan Hati Mertua? Jurus Kuliner Ini Bisa Anda Coba!

Kebiasaan berbelanja online ini nampaknya sedikit banyak perlu diperhatikan. Hal ini berguna untuk menghindari rasa kecewa yang akan melanda Anda pasca menerima barang pesanan. Tak jarang para penjual yang menjajakan barang dagangannya menjual barang dengan kualitas KW, atau kualitas yang berada pada level di bawah dari barang aslinya.

Istilah KW ini memang terdengar tidak asing di telinga, terutama masyarakat Indonesia. KW yang artinya barang tiruan atau imitasi ini pun sudah sangat melekat di masyarakat Indonesia, terutama penggiat belanja yang ingin tampil kece. Namun, tahukah Anda istilah KW dalam dunia belanja online ini ternyata memiliki beberapa nama? Apa sajakah istilah KW yang paling melekat dengan masyarakat Indonesia? Berikut ini adalah daftar istilah KW yang perlu Anda ketahui sebelum berbelanja.

OEM (Original Equipment Manufacture)

Istilah OEM mungkin paling dekat dengan barang-barang elektronik di Indonesia. Produk dari OEM ini biasanya hampir sama dengan produk original dari barang dengan merek tertentu. Hal yang membedakan terletak dari segi produsen lain yang sudah diberikan izin pihak pertama untuk memproduksi barang dengan nama brand tersebut. Meski memiliki kualitas yang hampir sama dengan barang aslinya, biasanya produk OEM akan dibandrol dengan harga yang jauh lebih murah.

KW Super

Produk dengan label KW Super ini biasanya banyak digunakan untuk barang yang terlihat sangat mirip dengan produk original. Namun barang dengan label KW Super ini biasanya hanya terlihat sama pada bagian luarnya saja, lalu memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada bagian dalamnya.

OC (Original China)

Bukan China namanya jika tidak mampu memproduksi atau memanipulasi produk-produk dengan replika. Memproduksi barang replika dengan ketelitian yang sama persis dengan barang aslinya, membuat OC banyak di buru dan menjadi pilihan. Perlu diingat bahwa barang OC ini asli produk yang diproduksi di China, sehingga jika kita melihat kata ‘Made In China’, secara tidak langsung kita akan langsung mengetahui bahwa barang tersebut bukanlah barang asli.

KW 1, KW 2, KW 3

Istilah KW 1 – KW 3 tentu sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Produk dengan kualitas ini biasanya akan di jual dengan harga yang sangat murah, dengan kualitas yang sangat jauh dari produk aslinya. Memang tidak ada yang baik dengan barang-barang KW, hal ini pun ditandai dengan semakin banyaknya jumlah angka di belakang label KW, maka kualitas produknya akan semakin buruk.

Mirror

Istilah untuk barang KW dengan nama Mirror mungkin jarang terdengar di telinga. Namun, barang dengan label Mirror ini memiliki detail yang hampir sama dengan produk aslinya. Mulai dari bahan produknya, box, hingga nomor seri yang sama persis dengan barang original.

KW Grade Ori atau KW Super Premium

Nah kalau barang dengan label ini sebenarnya merupakan barang-barang reject dari produsen aslinya. Biasanya barang ini tidak lolos dalam kontrol kualitas dan tidak memenuhi standart perusahaan. Maka terbitlah istilah KW Grade Ori atau KW Super Premium, yang di bandrol dengan harga lebih murah.

Dari istilah-istilah KW diatas, sebenarnya banyak hal yang bisa membantu Anda dalam memilih dan membedakan barang asli atau tiruan. Misalnya, jika Anda membeli tas kulit maka akan terlihat dari ketebalan kulit dan resleting pada tas yang Anda beli tersebut. Jika Anda membeli sepatu, Anda bisa membedakannya pada jahitan yang bisa Anda lihat secara kasat mata.

Membeli barang dengan label KW memang ada untung dan ruginya. Untungnya Anda bisa membeli barang dengan merek yang Anda inginkan dengan harga yang jauh lebih murah. Sementara kerugiannya terletak pada ketahanan dari barang yang Anda beli, serta rasa kepercayaan diri memakai barang tiruan di hadapan para kerabat Anda. Jadi masih mau membeli produk tiruan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here