Rajin minum air putih adalah cara mudah dan murah untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal. Sebagian rahasia sehat bagi tubuh adalah dengan melakukan terapi air putih untuk menunjang aktifitas sehari-hari agar tubuh lebih terasa segar dan bugar. Meski terkadang tanpa disadari sebagian dari kita minum air putih hanya sekedar minum saja, tanpa tahu bagaimana cara minum air putih yang benar.

Baca juga: Ogah Ubanan! Simak Tips dan Faktor Penyebab Ubanan

Ternyata, mungkin saja selama ini kita rutin minum air putih tapi dengan cara yang belum benar. Selama ini mungkin cara minum air putih kita salah, nah berikut ini adalah cara minum air putih yang benar sesuai dengan waktu yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan rutin dilakukan setiap hari agar tubuh menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah 7 waktu yang tepat untuk minum air putih dengan benar;

  1. Minum Air Putih 1 atau 2 Gelas di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur.

Ketika bangun tidur, tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Meskipun pada malam harinya sebelum tidur kita sudah minum banyak air putih, ketika bangun tidur di pagi hari kita perlu mengisi ulang lagi tubuh kita dengan air putih. Minum satu atau dua gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

  1. Minum Air Putih 1 Gelas Sebelum Mandi.

Sebelum mandi di pagi hari, lebih baik minum 1 gelas air putih hangat untuk melebarkan pembuluh darah. Apalagi jika dikombinasikan dengan mandi air hangat di pagi hari dapat membuat tekanan darah turun. Air putih yang kita minum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Minum 1 Gelas Setengah Jam Sebelum Makan.

30 menit sebelum makan adalah waktu yang tepat untuk minum air putih, karena dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik. Sementara itu, minum air putih selama atau tepat sebelum dan setelah makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuat metabolisme bekerja kurang efektif. Terlalu banyak asupan air justru dapat merusak pencernaan karena dapat mengganggu kadar alami asam dan empedu yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

  1. Minum 1 Gelas Air Putih Ketika Merasa Lelah.

Lebih dari 70 persen dari setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Air dapat membantu otak bekerja lebih baik. Kekurangan air pada otak tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan masih banyak lagi gangguan lainnya.

  1. Minum Lebih Banyak Sebelum dan Setelah Olahraga.

Air dapat mencegah kelelahan. Minum banyak air putih sebelum dan setelah berolahraga juga dapat meningkatkan daya otot tubuh dan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan.

  1. Minum 1 Gelas Air Putih Sebelum Tidur.

Minum satu gelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari, dan dapat membuang racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain itu, minum satu gelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak Ketika Sedang Sakit.

Minum banyak air putih ketika sakit akan membantu memperbaiki daya tahan tubuh dan menyembuhkan penyakit lebih cepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here