Tepat di awal bulan Mei seluruh umat muslim di dunia sudah mulai menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Kurang lebih selama 13 jam tubuh berpuasa tidak diperbolehkan makan dan minum hingga saat maghrib datang, nah selama waktu puasa tentu saja lemas dan lunglai kerap menghampiri seseorang yang sedang berpuasa karena menahan lapar dan dahaga.

Agar puasa tetap berjalan lancar tanpa gangguan lemas dan lunglai, supaya kenyang tahan lama 6 menu makanan ini wajib ada di meja makan saat santap sahur. Apa saja? Enak-enak lho;

  1. Oatmeal. 

Salah satu makanan yang bisa membuat kenyang tahan lama berada di perut adalah Oatmeal. Jenis makanan ini biasa dinikmati oleh seseorang yang sedang menjalani diet, di saat bulan puasa santap sahur dengan oatmeal adalah pilihan tepat karena oatmeal termasuk jenis gandum utuh yang punya banyak manfaat di antaranya karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan juga kaya akan serat.

  1. Telur.

Makanan dengan tinggi protein pada dasarnya bisa menekan rasa lapar dalam waktu lebih panjang, dan salah satu sumber protein yang paling mudah ditemui adalah telur. Sebuah studi dari Amerika Serikat, menemukan mereka yang sarapan dengan makan telur punya hormon nafsu makan (ghrelin) yang rendah. Selain itu, tingkat PPY (hormon membuat kenyang) juga lebih tinggi.

  1. Sup Ayam.

Sup ayam dengan kuah kaldu bening jika di konsumsi diketahui bisa membantu menekan nafsu makan. Karena dalam satu mangkuk sup ayam  terdapat gizi yang cukup lengkap. Mulai dari karbohidrat dari kentang, serat dan vitamin dari sayuran, serta protein dari ayam. Ditambah lagi kalau makannya dalam keadaan hangat, perut tidak akan kaget dan kamu bisa merasa nyaman selama sahur.

  1. Sayuran Hijau.

Sayuran hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan, sayuran hijau juga bisa membuatmu terasa kenyang lebih lama karena hanya dengan memakan sayuran hijau kaya akan serat dan terkesan berat sehingga lebih lama kenyang. Rekomendasi sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi rutin antara lain brokoli, mentimun, bayam, kubis, seledri, kale, zucchini, dan brussel sprouts. Selain dijadikan sup atau ditumis, kamu bisa mencampur sayuran dalam omelette telur.

  1. Ikan Salmon.

Masih belum banyak masyarakat Indonesia yang menyukai ikan salmon, padahal ikan salmon adalah sumber omega-3 yang baik. Selain itu, salmon juga baik di konsumsi untuk menurunkan berat badan. Manfaat dari ikan salmon akan terasa lebih banyak ketika salmon dimasak bersama dengan sayuran seperti bayam, brokoli, dan artichoke. Kombinasi lauk ini dijamin bisa menahan rasa laparmu lebih lama selama puasa tanpa takut kekurangan gizi.

  1. Alpukat.

Tidak semua lemak baik bila dikonsumsi oleh tubuh. Namun terdapat lemak sehat yang ternyata dibutuhkan oleh tubuh. Kegunaannya untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang telah dikonsumsi selama sahur. Sehingga makanan kamu tidak terbuang sia-sia. Lemak sehat terdapat pada buah alpukat yang manis dan enak bila dikonsumsi, jangan sampai kamu melewatkan buah yang satu ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here