Kendaraan roda empat dengan plat RI 1 menjadi alat transportasi yang digunakan oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden. Dengan plat bernomor polisi RI 1 ini, tentu saja sudah tidak asing lagi bagi warga Negara Indonesia. Sejak zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, mobil dengan plat RI 1 tersebut pastinya memiliki tipe yang berbeda-beda.

Mobil dinas milik Presiden Indonesia sejak zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, tentu saja mengalami banyak perubahan. Mulai dari type hingga tahun pembuatan dari mobil berplat RI 1 tersebut. Meskipun mengalami banyak perubahan, mobil RI 1 ini tetap memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Seperti apakah mobil dinas kepresidenan dari masa ke masa? Yuk simak dan intip berbagai tipe mobil Presiden Republik Indonesia.

  1. Soekarno

Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, beliau mendapatkan mobil dinas buatan Amerika Serikat, Buick-8. Mobil yang digunakan oleh Presiden Soekarno ini kabarnya merupakan tipe Limited-8. Dengan kapasitas mesin 5.247 cc ini, Buick-8 menemani masa perjuangan dan pemerintahan Soekarno dalam jangka waktu 1945 hingga 1949.

Buick-8, mobil dinas kepresidenan Soekarno
Buick-8, mobil dinas kepresidenan Soekarno

Menurut katadata, mobil ini merupakan penemuan ketua Barisan Banteng, Sudiro tahun 1945. Saat itu mobil ini terlihat paling baik dari segi desain hingga mesin. Mobil ini ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan di akhir penjajahan Jepang 1945.

Bukan hanya menggunakan Buick-8 saja, Presiden Soekarno juga sempat menggunakan berbagai tipe dan merek mobil lainnya, seperti Mercedes-Benz 600, Cadillac 75, Lincoln Cosmopilitan (limosin cabrio), Zil 111, GAZ 13 dan Chrysler Imperial.

  1. Soeharto

Berbeda dari Presiden Soekarno, Soeharto sebagai Presiden kedua Indonesia lebih memilih menggunakan Cadillac Fleetwood 75 Limousine. Mobil ini diproduksi pada tahun 1966. Selain menggunakan mobil tersebut, Soeharto juga sempat menggunakan mobil Mercedes-Benz G-Class. Dimana mobil ini merupakan kendaraan yang bisa digunakan di segala medan.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine, mobil dinas kepresidenan Soeharto
Cadillac Fleetwood 75 Limousine, mobil dinas kepresidenan Soeharto

Setelah menggunakan Mercedes-Benz G-Class, Presiden Soeharto mengganti mobil dinasnya dengan yang lebih canggih, yaitu Mercedes-Benz 500SEL. Mobil ini dilengkapi dengan kaca anti peluru serta pada bagian bodi dilapisi dengan baja dan platina hitam. Kabarnya mobil ini juga sempat dipakai oleh Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II.

Mobil terakhir yang digunakan oleh Presiden Soeharto dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala Negara ialah Mercedes-Benz S600. Bahkan mobil ini juga sempat digunakan oleh Presiden lainnya setelah lengsernya Presiden Soeharto.

  1. Abdurrahman Wahid, BJ Habibie dan Megawati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mobil Mercedes-Benz S600 milik Presiden Soeharto ini digunakan kembali oleh presiden-presiden berikutnya, yang meliputi BJ Habibie, Abdurrahman Wahid dan juga Megawati.

Sama dengan mobil dinas Presiden Soeharto, mobil dinas ketiga presiden ini juga dilengkapi dengan kaca anti peluru serta dilapisi baja dan platina hitam.

  1. Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, beliau melakukan pergantian mobil dengan menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Kabarnya mobil ini memiliki lisensi perlindungan B6/B7, yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi untuk sebuah mobil.

Sebelum menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, Presiden SBY terlebih dahulu menggunakan mobil yang sama dengan presiden-presiden sebelumnya. Pergantian mobil tersebut baru dilakukan SBY pada tahun 2007, yang juga kembali digunakan oleh Presiden Joko Widodo.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, mobil dinas kepresidenan SBY dan Joko Widodo
Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, mobil dinas kepresidenan SBY dan Joko Widodo

Selain dilengkapi dengan sistem proteksi tingkat tinggi, mobil kepresidenan tersebut juga mampu melaju dalam kecepatan 60 km/jam dalam keadaan ban mobil kempes atau bocor. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran yang mampu mengunci titik penyebaran api dan juga panic alarm system.

Untuk bagian kaca jendela depan dan belakang, mobil dinas ini dilengkapi dengan kaca tahan panas, sistem adjustable doorhold pada keempat pintu.

Sayangnya mobil yang sudah digunakan sejak zaman Presiden SBY ini sudah kurang maksimal kemampuannya. Ketika mobil ini digunakan oleh Presiden Joko Widodo, mobil ini sempat mogok kurang lebih sebanyak dua kali. Hmm apakah di periode kali ini Presiden Joko Widodo akan mengganti mobil dinasnya?

Berbagai jenis mobil dinas kepresidenan di atas, kita sama-sama melihat betapa canggihnya mobil dinas tersebut. Mulai dari anti peluru hingga panic alarm system pun tersedia di mobil Presiden Republik Indonesia. Kira-kira jika Presiden Joko Widodo mengganti mobil dinasnya, jenis atau merek apa yang berhasil terpilih dan menemani Presiden Joko Widodo dalam melaksanakan tugasnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here