Bagi sebagian orang memasuki usia kepala 4 adalah suatu momok yang cukup menyeramkan, kondisi tubuh yang sudah tak lagi muda tentu saja akan menjadi rentan dengan berbagai penyakit apabila tidak dijaga dengan pola makan dan olahraga yang teratur.

Badan yang tadinya terasa selalu bugar seketika bisa terasa menjadi renta karena faktor usia. Tetapi tidak semua orang menyadari akan berbagai penyakit yang bisa saja menyerang saat usia sudah berada di angka 40-an, mereka yang masih sering merasa sehat cenderung lebih cuek dan tidak memperhatikan pola makan dan pola hidup yang semestinya dijaga demi kesehatan di usia emas tersebut.

Terkadang tubuh pun memberikan sinyal-sinyal yang yang menunjukkan bahwa tubuh sudah memasuki masa harus lebih ekstra menjaganya. Seperti penglihatan yang sudah mulai rabun, tubuh yang mudah lelah ketika beraktifitas, mulai tidak cocok mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu yang sebelumnya tidak masalah jika dikonsumsi.

Teruntuk Anda yang sudah memasuki usia 40-an, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyakit yang memiliki kemungkinan untuk menyerang benteng pertahanan tubuh Anda.  Karena tubuh juga mengalami “masa kemunduran” ketika sudah berada di usia yang lebih matang, ada baiknya Anda harus mengetahui apa saja sih penyakit yang bisa menyerang saat kalian berada di umur 40 tahun?

Yuk! Waspadai munculnya 4 penyakit ini saat sudah memasuki usia 40-an.

  1. Diabetes

Seiring bertambahnya usia pasti tubuh juga mengalami penambahan berat badan, pada umumnya berat badan yang bertambah dapat menimbulkan penyakit diabetes. Diabetes muncul dikarenakan hasil dari pola hidup yang tidak sehat sewaktu masih muda, seperti sering makan dalam jumlah banyak, olahraga tidak teratur yang terus menerus dilakukan selama bertahun-tahun sehingga menyebabkan adanya penimbunan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh yang akhirnya mendatangkan penyakit diabetes.

  1. Jantung

Penyakit jantung dan jantung coroner juga merupakan penyakit yang bisa muncul saat Anda memasuki usia 40 tahun. Munculnya penyakit ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat sewaktu masih muda, kecanduan obat-obatan dan bahkan karena kebiasaan merokok yang dapat mendatangkan penyakit jantung di usia 40 tahun.

  1. Kanker

Pada usia 40 tahun kanker dapat menyerang tubuh dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak baik, dan kurangnya berolahraga saat masih muda. Gaya hidup yang tidak sehat itulah yang akan menyebabkan penyakit kanker di masa tua nanti.

  1. Osteoporosis

Penyakit osteoporosis menyerang langsung ke tulang yang dapat menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah. Osteoporosis ini umumnya dialami oleh orang tua yang sudah lanjut usia, biasanya penyakit ini menimbulkan ciri seperti tidak tahan dengan benturan ringan. Untuk mengatasi terjadinya osteoporosis pada tulang, sebaiknya Anda rajin berolahraga dan minum susu yang kaya akan kalsium.

Meski tidak selalu usia 40 tahun di identikan dengan berbagai penyakit atau ‘penyakitan’, tidak ada salahnya kita menjaga tubuh dari usia muda agar terhindar dari serangan penyakit-penyakit yang sudah disebutkan di atas. Selain menjaga gaya hidup yang sehat, tentunya Anda juga perlu menjaga pola pikir agar tetap sehat dan tidak didominasi dengan pikiran-pikiran negatif yang tidak sehat. Sehatnya sebuah tubuh juga di tentukan dengan sehatnya pikiran yang selalu terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here