Dua perusahaan komik terbesar di Amerika Serikat yakni DC Comics dan Marvel Comics merupakan perusahaan yang fokus pada karakter superhero. Meski keduanya fokus dengan karakter yang sama, DC Comics dan Marvel Comics memiliki perbedaan yang cukup signifikan loh. Salah satu perbedaannya terletak pada garis desain karakter setiap tokoh superhero yang diciptakan.

DC Comics sudah lebih dulu berdiri dibandingkan dengan Marvel Comics. DC berdiri pada tahun 1934, dengan meluncurkan karya pertamanya berjudul Fun Comic. Sementara Marvel Comics mulai berdiri pada tahun 1939 dengan karya pertamanya adalah Marvel Comics #1.

Memang, jika dilihat secara kasat mata sulit untuk membedakan superhero buatan DC Comics maupun Marvel Comics. Dilansir dari berbagai sumber, Alex Ross seorang illustrator yang pernah berkecimpung di kedua perusahaan raksasa komik itu pun memberikan penjelasan. Ia menjelaskan tentang perbedaan dari karakter superhero DC Comics dan Marvel Comics.

Secara garis besar, karakter penggambaran superhero buatan Marvel Comics memiliki estetika desain yang lebih hidup. Marvel Comics pun konsisten dengan menurunkan citarasa desain tersebut ke semua karakter superhero buatannya. Tentunya penggambaran tokoh superhero milik Marvel Comics tak lepas dari tangan dingin Stan Lee, Jack Kirby, dan Steve Ditko.

Baca Juga : Capt. Marvel trailer and poster release

Bersama dengan ketiga creator ternama inilah Marvel Comics melahirkan superhero sukses, diantaranya Captain America, Iron Man, Spider-Man, Hulk, X-Men, Doctor Strange, Thor, dan juga Doctor Doom. Sementara DC Comics, penggambaran tokohnya tidak realistis seperti Marvel Comics.

Meski demikian, DC Comics merupakan pelopor dari pembuatan komik superhero. DC Comics sukses dengan karakter superhero pertamanya, Superman dan superhero wanita pertamanya, Wonder Woman. Kedua perusahaan komik ini pun sempat menyatukan seluruh superhero buatannya pada satu karya film. DC dengan Justice League, sementara Marvel dengan karyanya The Avengers.

Baca Juga: Capt Marvel siap kalahkan Thanos

Baik DC Comics maupun Marvel Comics, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung bagaimana kita mencintai karya-karya luar biasa yang sudah diciptakan oleh kedua perusahaan komik ternama tersebut. Jika Kamu harus memilih antara DC Comics atau Marvel Comics, tim manakah yang akan kamu pilih? Marvel dengan teknologinya yang luar biasa dan lebih nyata, atau DC dengan cerita berlatar dunia khayal seperti Gotham City?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here