Siapa yang tidak kenal dengan Boneka Barbie? Dengan wajah cantik, tubuh langsing semampai, dan berambut panjang seolah menjadi gambaran sosok perempuan sempurna. Mungkin tidak ada mainan yang begitu populer selama bertahun-tahun selain Boneka Barbie. Boneka Barbie menjadi salah satu ikon mainan mahal yang dijual dengan edisi terbatas dan memiliki penggemar fanatik hampir di seluruh dunia.

Baca Juga : Halma – Permainan Penuh Teka-Teki dan Strategi Yang Mencerdaskan Otak

Sejak peluncurannya pertama kali di American International Toy Fair, tahun 1959, Boneka Barbie telah mencuri perhatian para pecinta mainan dari segala usia. Dan juga sudah ditetapkan tanggal 9 Maret 1959 menjadi hari ulang tahun bagi boneka ikonik ini.

 

Pada awalnya Boneka Barbie muncul dalam pikiran Ruth Handler ketika sedang melihat anak perempuannya asik bermain boneka kertas dan sang anak memperlakukan boneka kertas itu selayaknya manusia. Melihat interaksi anaknya dengan boneka kertas membuat Ruth Handler selaku pemilik Mattel Inc menangkap adanya peluang besar untuk membuat mainan bagi anak-anak usia di atas lima tahun.

Apalagi saat sedang berlibur ke Jerman, Ruth melihat toko boneka yang dipenuhi oleh anak-anak perempuan sedang membeli boneka perempuan mirip seperti barbie namanya, Bild Lili. Sejak saat itu Ruth ingin memproduksi boneka perempuan cantik yang berasal dari Amerika.

 

Pada akhirnya, bersama sang suami, Elliot Handler, yang juga selaku pemilik Mattel Inc, dan seorang desainer di perusahaannya, Ruth merancang dan memproduksi boneka cantik ini. Boneka Barbie telah menjadi fenomena sejak pertama kali dijual. Barbie menjadi ikon kecantikan dan kesempurnaan perempuan muda di seluruh dunia. Boneka Barbie yang populer ini terus di produksi selama 60 tahun hingga saat ini. Wow… luar biasa ya usia Boneka Barbie ini.

 

Mungkin dari beberapa pembaca setia kabarsidia.com bertanya-tanya kenapa namanya Barbie? Ternyata nama Barbie diambil dari nama anak perempuan Ruth Handler dan Elliot Handler yaitu Barbara. Maka dari itu mengapa boneka cantik nan fenomenal hasil rancangan suami istri ini dinamakan Barbie. Tak hanya menjadi boneka favorit anak-anak, banyak penggemar usia dewasa yang mengoleksi berbagai edisi Boneka Barbie dan segala pernak-perniknya. Tidak hanya boneka perempuan, Mattel Inc juga meluncurkan boneka pasangan Barbie, bernama Ken.

Hingga produksinya sekarang, telah hadir 6 saudara Barbie, yaitu:

  1. Skipper Roberts (biasa dipanggil Skipper, diperkenalkan oleh Mattel pada tahun 1964), merupakan adik perempuan Barbie.
  2. Sepasang saudara kembar : Todd dan Tutti (kedua karakter ini diperkenalkan tahun 1960. Nantinya, pada tahun 1990, Tutti berganti nama menjadi Stacie).
  3. Kelly Robertson (disebut juga Kelly atau Shelly. Karakter ini diperkenalkan pada tahun 1995), merupakan adik bungsu Barbie. Kelly biasanya tampil dalam wujud anak berusia 4 tahun.
  4. Krissy Roberts (diperkenalkan Mattel pada tahun 1999) juga adalah salah satu adik Barbie yang kurang populer. Karakter Krissy ditarik dari peredaran pada tahun 2001.
  5. Chelsea , adalah adik Barbie yang muncul di pertengahan tahun 2011.

Selain diproduksi dalam bentuk boneka, di tahun 1987, Barbie telah menjadi bintang utama dalam filmnya sendiri. Hingga sekarang film tentang Barbie terus diproduksi, bahkan sering diputar di stasiun televisi swasta di Indonesia. Barbie juga pernah hadir sebagai figuran di film Toy Story 2 dan Toy Story 3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here