Tembok Besar China (Tiongkok) atau biasa dikenal dengan The Great Wall adalah salah satu objek wajib yang Anda datangi saat berlibur ke China. Bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan masuk ke dalam Situs Warisan Dunia versi UNESCO pada tahun 1987. Maka dari itu tidak heran bangunan yang dibangun sekitar tahun 220-226 sebelum Masehi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Banyak cerita yang ada dalam Tembok Besar ini, seperti fungsi dari tembok ini yang dibangun untuk mencegah serangan, ada juga yang menyebut tembok ini digunakan sebagai batas wilayah. Selain itu tembok ini juga merupakan bangunan terpenting di China. Bangunan ini pula merupakan salah satu alasan kenapa negeri China disebut sebagai Negara Sang Naga, yaitu karena bentuknya yang seperti bayangan naga.

Terlepas dari berbagai cerita didalamnya, bagi Anda yang ingin mengunjungi The Great Wall, Anda dapat melalui Mutianyu di Distrik Huairou yang dapat Anda tempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Beijing. Kenapa memilih Mutianyu karena lokasi ini tidak seramai gerbang lainnya, selain itu melalui Mutianyu Anda dapat menggunakan kereta gantung dan kursi gantung untuk membawa Anda ke atas gunung, lokasi dimana The Great Wall berada. Ditambah lagi Anda dapat menggunakan perosotan panjang dari atas gunung untuk menuruninya, seru ya.

Hal menarik yang ditawarkan di kawasan ini adalah Anda akan ditawarkan berupa sertifikat atas kunjungan Anda di tembok ini dengan harga sekitar Rp. 60.000 saat Anda tiba di wilayah parkiran wisatawan. Anda juga akan menemukan berbagai penjual souvenir, restoran dan juga museum yang menjelaskan tentang sejarah dari Tembok Besar China.

Saat Anda berada di lokasi, Anda dapat mengeksplorasi Zhengguantai (fenghuotai) atau menara suar yang pada jaman dahulu digunakan untuk menyampaikan pesan militer dengan cara membuat sinyal asap pada siang hari dan api pada malam hari untuk memberitahukan gerak-gerik musuh. Menara suar ini terdiri dari tiga bangunan di atas Tembok Besar yan dibangun pada masa Dinasti Ming.

Adapun waktu yang tepat untuk mengunjungi Tembok Besar ini menurut sejumlah traveler adalah pada bulan Oktober. Di saat musim gugur di China. Karena di saat itu suhu udara di atas Tembok Besar sekitar 4-7 derajat celcius, terasa sejuk dengan sengatan matahari yang hangat.

 

Sumber : liawisata.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here