Jika Korea Selatan (Korsel) sangatlah dikenal dengan gemerlap budaya K-pop serta keseruan drama/film Korea, hal sebaliknya justru identik dengan Korea Utara (Korut). Sudah sejak lama bahwa negara yang kini dipimpin secara diktator oleh Kim Jong Un itu memang tampak tidak bersahabat. Namun itu bukan berarti tempat wisata di Korea Utara juga tidak menyenangkan.

Sejauh ini masyarakat dunia memang menganggap Korea Utara sebagai negara yang amat sangat tertutup dengan masyarakat asing. Berbagai aturan ketat yang ditetapkan semakin memperkuat kesan “seram” pada Korea Utara. Padahal negara dengan ibukota Pyongyang ini memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang tak kalah mempesona daripada Korsel.

Wilayah Korut ini dibagi menjadi tiga daerahadministrasi khusus yakni Daerah Industri Kaesang. Daerah Pariwisata Kumgangsan dan Daerah Administratif Khusus Sinuiju dan Sembilan provinsi.

  1. Juche Tower

Inilah tempat wisata di Korea Utara yang merupakan main attraction bagi wisatawan, sekaligus kebanggaan masyarakat Korut. Berada disebelah timur sungai Taedong, menara Juche dibangun sebagai hadiah ulangtahun Kim II Sung yang ke-70. Nama menara ini sendiri memang diambil dari ideology Juche yang dianut secara resmi oleh penduduk Korea Utara. Menjulang setinggi 170 meter, menara Juche adalah struktur empat sudut dengan bagian puncaknya ditutupi obor besi bercahaya, setinggi 20 meter. Di kompleks Juche Tower, Anda bisa menemukan patung setinggi 30 meter yang menampilkan dua pria dan seorang perempuan yang saling menggenggam palu, kuas, dan sabit. Konon katanya Kim Jong II adalah perancang Juche Tower.

  1. Victorious War Museum

Jika monument Arc of Thriumph sebagai pengingat akan kekuatan Korut saat melawan penjajahan Jepang, maka museum Victorious War adalah bukti kehebatan Kim II Sung dalam mengatur militer. Di museum ini disimpan kendaraan perang seperti tank dan senjata berat. Wajib diingat, Anda tak boleh menghina Korut di tempat ini, karena ganjarannya adalah dijebloskan ke penjara.

  1. Kumsusan Palace of the Sun

Berada dipinggiran kota Pyongyang, bangunan ini memang sangat megah dan cocok menjadi salah satu tempat wisata di Korea Utara terbaik untuk dikunjungi. Bangunan yang juga bisa disebut sebagai Istana Matahari Kumsusan ini, awalnya dibangun Kim II Sung untuk sang putra, Kim Jong II pada 1976. Hanya saja ketika II Sung meninggal dunia ditahun 1994, Kumsusan berubah fungsi.

Jong II melakukan perubahan besar-besaran pada Kumsusan hingga akhirnya menjadi mausoleum yang lebih megah daripada Taj Mahal. Kendati memiliki arsitektur yang sangat indah, Kumsusan tidaklah dibuka setiap hari. Sehingga saat dibuka, masyarakat Korut bakal berbondong-bondong demi memberikan persembahan kepada II Sung, sang Presiden Abadi Korut.

  1. The State Circus Pyongyang

Seolah membuktikan jika industry hiburan mereka tak kalah dari Korsel, The State Circus Pyongyang akan jadi pilihan wisata seru. Dianggap sebagai atraksi hiburan terbaik di Korut, event hiburan yang spektakuler dan profesional ini diyakini sudah ada sejak 1989. Untuk melihat The State Circus Pyongyang, Anda tinggal berkunjung ke gedung Pyongyang Circus di Pyongyang.

  1. DMZ (Korean Demilitarized Zone)

Tidak lengkap rasanya tiba di Korea Utara tanpa berkunjung ke tourist attraction yang bikin tegang. Dan lokasi tempat wisata di Korea Utara yang seperti itu bisa Anda temukan di DMZ. Batas negara yang dibuat setelah perang kedua Korea usai ini membagi Semenjanjung Korea jadi sama besar.

Alih-alih pemandangan indah, situasi di DMZ bahkan cenderung sangat hening dan sunyi karena memang tak boleh ada keributan. Selayaknya medan perang yang mengalami gencatan senjata, sedikit saja bunyi-bunyian terdengar, maka bisa memicu baku tembak seketika.

  1. Jembatan Sino

Dianggap sebagai simbol persahabatan Tiongkok dan Korea Utara, Jembatan Sino memang menghubungkan kata Dandong (China) dan Sinuiju (Korea Utara). Waktu paling tepat untuk menikmati keidahan jembatan Sino adalah saat malam hari. Karena sinar lampunya saling berpendaran cantik.

  1. Kaesong Koryo Museum

Bagi pecinta sejarah, museum Kaesang Koryo bisa jadi pilihan tepat sebagai salah satu tempat wisata di Korea Utara. Anda bisa menemukan banyak sekali artefak Kerajaan Koryo  dan tata kehidupan masyarakat kuno Korea di tempat ini. Dengan ribuan benda berharga peninggalan sejarah, museum ini sangat tepat untuk mempelajari kenapa kedua Korea itu bisa saling bermusuhan. Yang cukup unik dari museum ini adalah dulunya merupakan bangunan kerajaan Koryo yang sempat memerintah pada tahun 918 hingga 1392. Dengan banyaknya peninggalan sejarah, berkunjung ke museum Koryo seolah-olah membuat Anda merasakan kehidupan masyarakat kuno Korea.

  1. Air Terjun Ullim

Pada dasarnya, tempat-tempat wisata di Korea Utara bukanlah bangunan bersejarah saja. Ada salah satu wisata alam yang harus didatangi yaitu air terjun Ullim. Dengan sungai begitu jernih, air terjun Ullim akan menjadi lokasi terbaik melepas penat akibat rutinitas. Untuk sampai ketempat ini, perjalanannya bisa ditempuh dari pelabuhan Wonsan.

  1. Monumen Arc of Triumph

Paris mungkin boleh berbangga memiliki Arch de Triomphe. Namun hal itu rupanya juga dimiliki oleh Korea Utara melalui monument Arc of Triumph. Berada di distrik Moranbong, kota Pyongyang, bangunan ini dengan mudah menajdi salah satu lokasi tempat wisata di Korea Utara yang wajib untuk Anda kunjungi, ketika berkesempatan datang kesana. Memiliki tinggi 60 meter dan lebar 52 meter, monumen ini dibuat dari sekitar 25.500 blok granit. Ada tiga lapisan atap dan gaya tradisional Korea yang semakin membuat keindahan monument Arc de Thriumph mempesona. Menurut sejarah, monument ini dibangun demi mengenang jasa Kim II Sung, kakek Kim Jong Un. Diresmikan pada 1982, monument ini sudah berusia 37 tahun.

  1. Gunung Baekdu/Paektu – Heaven Lake

Berada diperbatasan Korea Utara dan China, gunung Baekdu sudah diyakini secara turun-temurun oleh masyarakat Korut sebagai Tanah Suci. Menjulang setinggi 2.744 mdpl. Baekdu adalah gunung tertinggi di Korea. Namun yang sangat mempesona di Baekdu ialah Heaven Lake (Danau Surga) yang merupakan danau kawah terbesar di puncak Baekdu.

Lantaran dipuncak gunung, Heaven Lake akhirnya memiliki air yang luar biasa jernih dan jauh dari sampah-sampah.

Namun lepas dari keindahan pemandangannya, Baekdu masihlah aktif dan dikhawatirkan jika nanti meletus, bisa lebih mengerikan daripada ancaman nuklir Korut.

Walaupun Korea Utara dianggap sebagai negara yang tertutup, Korut memiliki segudang tempat wisata. Dengan memahami berbagai tempat wisata di Korea Utara, maka anda bisa menentukan hal-hal yang disukai saat berkunjung ke tempat Korea Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here