Olahraga adalah suatu gerakan fisik yang dapat meningkatkan kinerja kerja persendian dan otot di dalam tubuh, organ-organ dalam tubuh akan bekerja lebih sempurna setelah berolahraga. Gerakan-gerakan dalam olahraga sangat diperlukan selama tidak membuat tubuh mengalami cedera, ada bentuk gerakan fisik dalam berolahraga yang rentan menghasilkan cedera pada tubuh ketika dilakukan oleh seseorang yang berusia 40 tahun. Olahraga itu biasanya disebut dengan istilah High Impact Exercise.

Apa itu High Impact Exercise? Olahraga yang termasuk dalam kelompok High Impact Exercise adalah latihan yang membuat posisi kaki tidak menyentuh tanah dalam waktu yang bersamaan. Contohnya seperti lari, naik turun tangga, lompat tali, dan lompat jauh adalah contoh dari olahraga High Impact Exercise.

Kelebihan dari High Impact Exercise adalah membakar kalori di tubuh dengan sangat maksimal sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan. Gerakan High Impact Exercise juga sangat dinamis sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Olahraga jenis ini cocok sekali untuk perempuan yang rentan mengalami keropos tulang.

High Impact Exercise tergolong olahraga yang berat karena memberikan beban lebih terhadap persendian. Disarankan untuk Anda yang baru memulai olah raga agar didampingi instruktur. High Impact Exercise tidak cocok bagi Anda yang memiliki masalah persendian dan juga otot, serta kelompok lanjut usia karena rentan mengalami cedera.

Gerakan High Impact Exercise jika dilakukan sembarangan bisa membuat sendi dan jantung bekerja berlebihan. Dan parahnya lagi bisa membuat Anda kelelahan akut, dehidrasi, nyeri dan cedera persendian. Di khususkan untuk olahraga High Impact Exercise yang cukup berat ini tidak dilakukan oleh seseorang yang sudah memasuki usia 40 tahun, karena bukan manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh tetapi malah akan membuat tubuh rentan terkena cedera. High Impact Exercise sangat tidak cocok untuk usia 40 tahun ke atas.

Jika tetap ingin melakukan kegiatan fisik lebih baik menjalankan gerakan fisik Low Impact Exercise saja jangan mengambil resiko untuk tetap melakukan olahraga High Impact Exercise. Karena olahraga Low Impact Exercise lebih cocok untuk dilakukan oleh golongan usia 40 tahun bahkan lebih. Gerakan yang biasa dilakukan dalam olahraga Low Impact Exercise diantaranya adalah berjalan kaki, mendayung, berenang, yoga, golf, dan juga pilates.

Jadi sangat disarankan untuk Anda yang sudah berusia 40 tahun atau bahkan lebih jangan melakukan gerakan fisik High Impact Exercise karena akan mengalami cedera pada tulang, persendian, dan otot. Alih-alih bukan kesehatan yang didapat, malah sakit yang dirasakan. Lebih cermat dalam memilih olahraga bagi kebutuhan tubuh dan kemampuan tubuh Anda ya!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here