15 April 2001, menjadi hari duka bagi industri musik Amerika Serikat. Salah satu musisi kebanggaannya yang juga vokalis band punk ternama asal Amerika Serikat, Ramones meninggal dunia. Dia adalah Jeffrey Ross Hyman atau nama bekennya Joey Ramone.

Joey Ramone lahir pada 19 Mei 1951 di Queens, New York. Ia dibesarkan oleh keluarga Yahudi yang tinggal di Forest Hills, Queens. Selama masa remaja dihabiskannya dengan menuntut ilmu di bangku sekolah. Forest Hills High School menjadi sekolah dan tempat pertemuannya dengan rekan-rekan bandnya, Ramones.

Semasa kecil, Joey sudah gemar bermain alat musik. Ia juga mengidolakan grup-grup rock ternama seperti The Beatles, David Bowie, hingga The Who. Salah satu idolanya adalah vokalis dari band The Who, Pete Townshend. Memasuki masa remajanya, Joey sudah menyukai alat musik gitar dan drum.

Jeffrey Ross Hyman
Jeffrey Ross Hyman

Karirnya dimulai ketika tahun 1972 dirinya memutuskan untuk menjadi seorang musisi. Joey secara resmi bergabung dengan band dengan aliran glam punk rock bernama Sniper. Bergabungnya Joey bersama dengan Sniper ini pun membuat dirinya memiliki nama panggung yang lain dari bandnya tersebut. Joey lebih dikenal dengan nama Jeff Starship dan menggunakannya sebagai nama panggung.

Dua tahuh berselang dengan bergabung menjadi anggota Sniper Joey pun mengundurkan diri dari band pertamanya. Posisinya pun digantikan oleh Alan Turner. Di tahun yang sama Joey bersama rekan-rekan semasa sekolahnya kembali membentuk sebuah band punk rock. Kali ini ia bersama dengan John Cummings dan Douglas Colvin membentuk band garasi dengan nama Ramones.

Nama Ramones sendiri diambilnya dari nama samara dari Paul McCartney yakni Paul Ramon. Sejak terbentuknya band Ramones, seolah menjadikan nama tersebut sebagai identitas diri dari masing-masing anggota. Jeffrey Ross Hyman yang mengubah namanya menjadi Joey Ramone, John menjadi Johnny Ramone, dan Douglas menjadi Dee Dee Ramone.

Ramones

Pada formasi awal dari Ramones, Joey mengisi bagian drum, Johnny pada gitar dan Dee Dee mengisi bagian vokal dan bass.  Namun, seiring berjalannya waktu, Dee Dee merasa kualahan memegang dua posisi tersebut, sehingga posisi vokal digantikan oleh Joey. Kekosongan posisi drum akhirnya digantikan oleh manajer mereka, Tommy.

Tahun 1976, Ramones secara resmi merilis album pertamanya dibawah Sire Records. Album debut itu nyatanya berhasil mencuri perhatian dan sukses di pasaran. Nama Ramones pun mulai mengudara. Penampilan pakaian mereka pun mulai diperhatikan, hingga jaket kulit hitam dan kacamata menjadi ciri khas dari grup Ramones.

Sayangnya karir Ramones harus terkubur kala mereka sepakat untuk bubar pada tahun 1996. Joey yang merupakan vokalis dan wajah utama dari Ramones pun tetap menggeluti bidang musik. Ia masih aktif sebagai produser musik. Bahkan Joey sempat merilis album solo dirinya bertajuk Don’t Worry About Me.

Album solo milik Joey ini berisikan dua buah lagu cover milik musisi besar lainnya, meliputi lagu What a Wonderful World milik Louis Amstrong dan 1969 milik The Stooges. Kegigihan dan kreatifitas dari seorang Jeffrey Ross Hyman pun harus berakhir, kala sang legenda musik rock tidak bisa lagi melawan kanker limfoma yang dideritanya sejak lama. Tepatnya pada 15 April 2001, Jeffrey Ross Hyman menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit New York Presbyterian.

Sebagai musisi rock yang melegenda, nama Joey Ramone pun diabadikan sebagai nama jalan di sebuah blok East 2nd Street, New York City. Joey dan Ramones juga dilantik dalam Rock and Roll Hall of Fame tahun 2001. Jeffrey Ross Hyman, musisi rock legendaris yang lahir dari grup Ramones.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here