Pasti sudah tidak asing lagi di telinga mereka para generasi yang bertumbuh di era 1990-an ketika mendengar nama Tamagotchi. Tamagotchi dirilis pertama kali pada bulan November 1996 di Jepang dan kemudian dirilis secara global di tahun 1997 dari tangan dingin Akihiro Yokoi dan Aki Maita.

Nama Tamagotchi diambil dari gabungan dua kata yang berbeda bahasa, yakni tamago yang dalam bahasa Jepang berarti telur dan watch yang dalam bahasa Inggris memiliki arti jam tangan. Dan akhirnya nama ini selalu membahana di eranya karena banyak dari anak-anak 90-an mengidolakan permainan Tamagotchi.

Bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana-mana, bahkan juga sangat fleksibel sekali jika dimasukkan ke dalam saku celana. Bentuknya kecil mungil dan berwarna-warni, dengan layar hitam putih yang berisi hewan-hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci ataupun lainnya sesuai dengan pilihan favoritmu. Juga ada tampilan toilet, taman, makanan dan lain-lain.

Bayangkan saja, dari benda sekecil ini kamu bisa melihat kehidupan hewan peliharaan seperti di dunia nyata. Bahkan, kalau peliharaan di dalam Tamagotchimu tidak diberi makan ia bisa mati lho. Seru ya!

Saking serunya, Tamagothci terus diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Seluruh anak-anak di dunia pasti pernah memainkan Tamagotchi.

Ide pembuatan Tamagotchi sendiri tercetus dari pengalaman masa kecil Yokoi. Yokoi kecil sering membawa binatang peliharaannya, yakni kura-kura dan menyimpannya di dalam koper ketika ia bepergian. Apa yang dilakukan oleh Yokoi ini tentu merepotkan. Belum lagi kalau ada larangan untuk membawa binatang peliharaan ke dalam kendaraan atau gedung.

Dari pengalaman inilah, Yokoi kemudian memiliki ide bagaimana menciptakan binatang peliharaan tapi virtual. Ide cerdas Yokoi ini nyatanya mendapat sambutan antusias dari Maita, di mana menurutnya orang-orang akan menyukai binatang peliharaan personal dalam bentuk seperti gadget.

Meski pun hanya sebuah permainan virtual, dan membuat penggunanya kecanduan karena asyiknya bermain Tamagotchi. Permainan ini memiliki hal positif, seperti misalnya saja dapat mengajarkan anak-anak tentang kedisiplinan dan tanggung jawab.

Hal ini karena hewan virtual yang ada di dalam Tamagotchi menuntut perawatan bak hewan peliharaan pada umumnya. Kamu harus terbangun di pagi hari untuk membersihkan kotoran, memberikan makan, memandikannya, bahkan mengajaknya bermain agar hewan peliharaan dapat terawat dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here