Andy Lainy
Andy Lainy

Nama Andy Liany mungkin terdengar asing bagi generasi milenial maupun generasi Z. Pelantun lagu Sanggupkah Aku ini memang berjaya pada era 90-an. Dimana dirinya sukses menjadi penyanyi rock di Indonesia.

Pria kelahiran Tanjungpinang 1966 ini mengawali karirnya dengan bergabung bersama grup musik ‘Z Liar’. Band tersebut berhasil merilis dua buah single yakni ‘fitnah’ dan ‘bumi’. Kedua lagu tersebut pun berhasil masuk ke dalam album kompilasi ‘Indonesia Rock Metal Vol 1’.

Andy Liany yang terkenal dengan gaya rambut gondrongnya ini pun dikenal sebagai sosok yang ramah kepada siapapun. Faktanya, Andy Liany merupakan alumni dari Gang Potlot, dimana Gang Potlot merupakan basecamp dari grup SLANK. Dahulu, sebelum Kaka menjadi vokalis utama grup SLANK, Andy Liany lah yang berperan pada vokal utama SLANK. Meski demikain, Andy Liany tidak sempat merasakan dapur rekaman bersama dengan SLANK.

Tak ingin berhenti sampai disitu saja, Andy Liany bersama dengan Once, Pay dan Ronald pun menggarap sebuah album ‘Seribu Angan’. Kedekatan Andy Liany dengan Pay pun sudah berlangsung sejak Andy Liany masih berperan sebagai vokalis utama grup SLANK.

Karya Andy Liany yang sangat membekas di benak generasi 90-an adalah lagu ‘Sanggupkah Aku’. Dengan suara vokalnya yang khas dan berkarakter, Andy Liany mampu bersaing dan berkarya di industri musik Indonesia. Lagu ‘Sanggupkah Aku’ juga mengantarkan Andy Liany ke atas panggung bersama dengan Wins Record sebagai label rekamannya.

Andy Liany - Sanggupkah Aku
Andy Liany – Sanggupkah Aku

Kesuksesan album ‘Misteri’ dengan lagu ‘Sanggupkah Aku’ membuat Andy Liany menjadi bersemangat untuk kembali membuat sebuah karya. Hingga pada akhirnya karya kedua dari dirinya pun dirilis. Album keduanya yang berjudul ‘Antara Kita’ berhasil kembali mencuri perhatian penggemar saat itu. Dengan judul lagu andalan yang sama seperti judul albumnya ‘Antara Kita’ membuat nama Andy Liany semakin dikenal dan diperhitungkan.

Sayangnya, sekitar tahun 1995, sebuah kecelakaan mobil yang dialami Andy Liany pun terjadi. Pada kecelakaan tersebut nyawa Andy Liany tidak bisa diselamatkan. Mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan di Cianjur, Jawa Barat. Saat kecelakaan itu terjadi, karir Andy Liany sedang melambung dan banyaknya tawaran manggung diberbagai tempat. Namun takdir berkata lain.

Sejak kepergian Andy Liany, sang adik yang bernama Ojonk berinisiatif untuk mengadakan sebuah konser. Ojonk pun membentuk sebuah band bernama Cordova, bersama dengan Sangkan, Uppy, dan Somavox.

Band bentukan Ojonk ini pun memilih aliran musik rock and roll. Cordova sepakat untuk membuat konser, dengan tujuan mengenang karya Andy Liany. Konser tersebut bertajuk ‘Konser Budak Kampung In Memoriam 19 tahun Andy Liany’.

Selamat Jalan Andy Liany, terima kasih telah mewarnai industri musik indonesia dengan mahakarya mu yang luar biasa. Beristirahatlah dengan tenang dan damai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here