Indonesia tak hanya dikenal dengan keindahan alam yang begitu menggoda, tetapi juga dikenal dengan Negara yang memiliki banyak makanan-makanan menggugah selera. Beragam kuliner khas Indonesia rasanya sangat enak dan sayang sekali untuk di lewatkan. Salah satunya adalah Kue Sagon, jajanan lawas yang rasanya melegenda di lidah.

Baca Juga : Es Teler dan Siomay H. Sugito, Kuliner Legenda dari Dharmawangsa

Kue Sagon merupakan jajanan yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, meski tak diketahui pasti kue sagon memiliki penggemar dari dulu hingga sekarang. Nama kue sagon diambil dari bahan baku pembuatannya yang menggunakan tepung sagu, meski pun kini kue sagon sudah sangat jarang sekali ditemukan keberadaannya mari kita intip sepenggal kisah dari jajanan lawas ini.

Dari sekian banyak kuliner yang hadir di tanah air, ada salah satu kuliner jajanan yang keberadaannya kini semakin ditinggalkan. Beberapa orang sudah tidak bisa menemukan lagi jajanan yang memiliki rasa manis yaitu kue sagon. Dahulu banyak penjual yang menjajakan dagangan kue sagon, bahkan kue sagon bisa dengan mudah ditemukan di warung-warung pinggir jalan. Tetapi, di era modern seperti sekarang kue sagon sudah tak lagi di temukan di mana keberadaannya.

Kue sagon terbuat dari kelapa, sangat mudah dicari di daerah Pulau Jawa dan Sumatera. Namun kemudahan itu kini sudah berubah, karena kue sagon menjadi seperti kue jadul yang sudah langka. Satu per satu penjual kue sagon mulai berpaling ke kuliner yang lebih banyak diminati oleh para wisatawan. Biasanya kue sagon menggunakan tepung ketan. Tetapi, tepung ketan ini bisa diganti dengan tepung sagu atau tepung kanji bila tepung ketan susah untuk dicari.

Bagi kamu yang sudah pernah mencicipi nikmatnya kue sagon di masa kecil dulu, pasti sekarang jadi rindu ingin mencari dimana keberadaan kue sagon. Namun bagi yang belum pernah mencicipi kue sagon, kue ini memiliki tekstur yang unik seperti kasar, agak keras, dan lumer di lidah. Kue sagon memiliki rasa manis dan gurih, aromanya pun berbeda dari kuliner lainnya karena kue sagon ini begitu harum dan wangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here