Menjajaki kuliner khas Kota Semarang tak lengkap rasanya jika tidak singgah untuk mencicipi Babat Gongso. Salah satu warung makan yang terkenal ialah Babat Gongso Mberok milik Pak Karmin. Sajian Babat Gongso ini menjadi makanan hits yang kerap diburu oleh para wisatawan lantaran rasnya yang lezat dengan harga terjangkau.

Sukarmin atau yang akrab di sapa dengan Pak Karmin sudah mulai berjualan Babat Gongso pada tahun 1971. Saat itu dirinya terpaksa harus berjualan demi mencukupi kebutuhannya bersama sang isteri dan juga anaknya.

Dengan modal secukupnya, Pak Karmin pun mulai berjualan Babat Gongso di sebuah tenda sederhana di dekat Jembatan Mberok, Kota Lama, Semarang. Keberaniannya dalam membuka usaha kuliner ini juga didukung dengan resep rahasia secara turun temurun yang ia dapat dari eyangnya.

Saat membuka tenda sederhana tersebut, Pak Karmin tidak lantas meraih pelanggan dengan jumlah yang banyak. Bahkan setelah 10 tahun usahanya dirintis, Pak Karmin hanya berhasil menjual rata-rata 3 sampai 4 porsi saja setiap jamnya. Namun, ia tak lantas menyerah dan terus berjuang demi menghidupi keluarga kecilnya.

Pak Karmin pun mencoba untuk berinovasi dengan resep Babat Gongsonya. Daging babat yang ia sajikan pun dikembangkan agar menciptakan rasa yang lebih lezat dari sebelumnya. Mulai dari pencucian daging babat yang dilakukan secara berulang-ulang, hingga proses perebusan yang memakan waktu hingga delapan jam. Semua proses itu ia lakukan demi mendapatkan tekstur daging babat yang empuk dan berlemak.

Proses pengolahan dan penyajian dari Babat Gongsonya pun juga menggunakan resep rahasia yang sudah digunakan secara turun-temurun. Bahan-bahan yang digunakan oleh Pak Karmin dalam meracik satu porsi Babat Gongso ini menggunakan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, dan juga kecap manis. Selain itu, Babat Gongso olahannya ini pun di masak dengan bumbu yang sedikit berair dengan tingkat kepedasan yang bisa diatur sesuai selera.

Cita rasa manis, gurih dan kaya akan rempah dari nasi goreng babat gongso milik Pak Karmin ini bisa menjadi surga bagi para pecinta jeroan. Selain itu, Pak Karmin juga menyediakan menu pilihan lainnya bagi yang tidak menyukai jeroan. Di warung Babat Gongso miliknya, Pak Karmin menyediakan telur dan juga daging ayam gongso.

Untuk harga yang dipatok dalam satu porsi nasi goreng babat gongso Pak Karmin membandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp25,000 hingga Rp30,000 untuk setiap porsinya. Warung Babat Gongso Pak Karmin mulai buka dari pukul 08:00 hingga 22:00.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi Babat Gongso khas Semarang silahkan mampir ke Babat Gongso Pak Karmin yang terletak di samping Jembatan Mberok, Kauman, Semarang Tengah atau bisa mampir ke cabang lainnya di Jalan MH Thamrin, Semarang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here