Sudah tak perlu diragukan lagi, Papua adalah salah satu bagian dari Indonesia yang memiliki keindahan alam yang tak tertandingi. Selain pesona alam yang indah, Papua juga terkenal dengan beberapa makanan khasnya, salah satunya adalah Papeda.

Makanan khas di Papua ternyata terbagi menjadi dua, sesuai dengan daerah. Dari Papua pegunungan yang menjadi makanan khas adalah ubi, keladi, singkong, dan macam-macam sayuran. Sedangkan makanan khas di daerah Papua pesisir adalah Papeda.

Kroket Ubi

Makanan khas ini dimasak menggunakan cara masak tradisional khas Papua yaitu Bakar Batu. Yang unik dari cara memasak bakar batu ini adalah, biasanya masyarakat Papua membentuk sebuah lubang di tanah yang ditutupi batu sehingga menjadi lapisan-lapisan batu yang bisa digunakan untuk memasak. Cara masak bakar batu yang ditumpuk ini bisa mencapai tinggi 4 meter lho!

Papeda adalah makanan khas Papua yang namanya sudah terkenal di dalam negeri maupun di luar negeri. Papeda terbuat dari sagu pohon yang di masak dengan cara di bakar atau pun di rebus dengan menggunakan air, dan hanya membutuhkan waktu memasak sekitar 30 menit saja.

Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Cara mengonsumsi Papeda agar lebih nikmat biasanya di campur dengan kuah kuning yang berisi daging ikan segar. Rasa dari kuah kuning ikan tentu saja sangat kaya dengan rasa rempah-rempah seperti ada rasa daun jeruk dan daun bawang. Papeda sendiri memiliki rasa yang gurih dengan tekstur sangat lembut dan mudah di telan.

Papeda dan ubi menjadi makanan pokok di Papua. Sagu asli di Papua dijadikan sebagai bahan utama pembuatan Papeda, dan memiliki harga jual mulai dari sepuluh ribu rupiah sampai puluhan juta rupiah, tergantung dari seberapa besar ukuran sagu yang ingin di beli.

Papeda Goreng Isi Ikan

Selain Papeda, ada juga makanan yang jadi ciri khas Papua adalah sate ulat sagu. Rasanya yang legit membuat ulat sagu enak dan mudah untuk di konsumsi, misalnya saja dengan cara di masak bakar batu dan jadi seperti sate.

Buat kamu yang penasaran pengen cobain Papeda khas Papua yang dimasak menggunakan sagu asli dari Papua, nggak perlu jauh-jauh datang aja ke Papoea by Nature di pakubuwono. Di resto ini tidak hanya menyediakan Papeda Kuah Kuning saja, tapi juga ada makanan lain yang berbahan dasar ubi. Jangan sampai kelewatan buat nyobain makanan khas Papua yang unik di lidah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here