Ternyata, menurut para ilmuan karaoke malam baik untuk kesehatan. Apalagi kalau karaoke bersama teman-teman dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan stroke. Karena pikiran, hati, dan tubuh Anda menjadi rileks dan rasa stress seketika hilang ketika Anda bernyanyi, ditambah bernyanyi bersama teman-teman yang Anda sayangi. Rasa lelah dan stress langsung hilang dalam sekejap.

Baca juga: Sting – Sukses di Dunia Musik dan Akting, Jadi ‘Motor’ Dibalik Kejayaan The Police

Para peneliti menemukan bahwa makan dan minum dengan teman yang baik membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan bernyanyi juga membantu mengurangi stress. Awalnya, karaoke berasal dari Jepang dan kemudian menjadi sangat populer di negara-negara Asia lainnya. Tak lama, Amerika dan negara-negara Eropa lainnya juga mulai mengikuti tren karaoke yang banyak disukai orang-orang.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh Anda saat sedang karaoke di malam hari;

  1. Merangsang Otak

Bernyanyi mengharuskan seseorang untuk berpikir, karena setiap kali Anda bernyanyi, Anda harus mengikuti irama, melodi dan lirik lagu. Selain itu, emosi dari lagu yang dinyanyikan juga mengharuskan Anda lebih ekspresif. Hal tersebut dapat menstimulasi otak dan meningkatkan aktifitas Neuron di otak Anda. Neuron dapat berfungsi untuk menyatukan aktifitas emosional, fisik, dan psikologis.

  1. Menghilangkan Stress

Salah satu manfaat terbesar dari bernyanyi adalah dapat menghilangkan stress. Karena bernyanyi biasanya membuat perasaan seseorang jadi jauh lebih senang, tingkat stress dalam tubuh pun secara otomatis akan menurun. Pada saat yang bersamaan ketika Anda bernyanyi tubuh melepaskan hormon Endorphin, sudah kita ketahui bersama bahwa Endorphin adalah hormon yang mempengaruhi rasa senang dan bahagia dalam tubuh kita.

  1. Membantu Menunjukkan Perasaan yang Terpendam

Jika Anda sedang sedih, rindu, jatuh cinta, ataupun perasaan lainnya tapi tidak bisa Anda ungkapan dengan kata-kata atau curhat kepada teman. Memilih lagu yang sesuai dengan isi hati saat karaoke juga dapat membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih lega. Karena perasaan yang selama ini terpendam bisa dikeluarkan dengan diwakili oleh lagu-lagu yang Anda nyanyikan saat karaoke bersama teman-teman.

  1. Membuat Pernapasan Jadi Lebih Baik

Ketika seseorang sedang bernyanyi karaoke, mereka biasanya sangat bersemangat sehingga seluruh tubuh menjadi bergerak. Seperti mengikuti irama dan musik lagu-lagu yang dinyanyikan membuat badan bisa bergoyang riang. Hal ini membuat Anda dapat bernapas lebih baik dan lebih mudah. Otot-otot dari diafragma dan paru-paru Anda menjadi sepenuhnya berkembang, dan juga otot perut Anda menjadi lebih rileks. Itu akan membuat pernapasan jadi lebih baik.

  1. Menjadikan Anda Lebih Bersosialisasi

Saat sedang karaoke, banyak teman-teman ataupun keluarga datang untuk berkumpul bersama. Ini adalah situasi yang sempurna untuk menjadikan Anda seseorang yang bisa lebih bersosialiasi dengan orang-orang disekitar. Tak dipungkiri juga Anda dapat bertemu dengan orang-orang baru dan bergembira bersama disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here