Selama pandemic Covid-19 masih belum usai, dan semua aktivitas dianjurkan pemerintah untuk tidak keluar rumah, termasuk anak kos di tanah rantau yang sendirian. Tidak sedikit masyarakan mengeluhkan merasa sendiri akibat pembatasan aktivitas dengan physical distancing ke luar rumah. Hal tersebut dianggap wajar, dan biasanya sering dirasakan oleh orang yang ekstrovert.

Orang yang ekstrovert umumnya terbiasa bersosialisasi, berbincang, dan juga melakukan berbagai aktivitas di luar rumah bersama orang-orang lain. Hal inilah yang membuat mereka bisa jadi merasa tidak nyaman, dan cenderung merasa sepi saat sendirian dan terbatas beraktivitas di rumah. Namun, sebenarnya rasa kesepian yang wajar itu menandakan bahwa orang itu perlu berkomunikasi dengan orang di luar dari diri kita.

Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan jika berada dalam kondisi merasa kesepian saat sendirian, seperti berikut.

  1. Berkomunikasi

Anda harus berkomunikasi dengan orang lain tentang diri Anda. Saat berkomunikasi inilah, Anda mampu menyuarakan kondisi kegelisahan, kesepian atau apapun yang Anda rasakan. Upayakan untuk mencari orang yang dapat mendengar cerita Anda dengan baik, dan bisa memberikan nasihatnya. Bukan justru orang yang abai saat Anda bercerita dan menganggap cerita Anda sepele. Jika merasa kesepian, hubungi teman, sahabat, keluarga dan lain-lain yang bisa diajak bicara, tetapi tidak untuk berlebihan ceritanya (keluhan Anda). Saat bercerita, tidak masalah jika Anda memang ingin menyuarakan kondisi Anda, menangis karena sedih, ingin berteriak karena kesal, tertawa saat ada yang lucu dan lain sebagainya.

  1. Perlu punya Mindset

Mindset atau pola pikir menjadi kunci penting dalam menghadapi berbagai persoalan. Termasuk mengenai kondisi kesepian saat sendiri ini. Dengan memiliki mindset tersebut, kata dia, setidaknya akan membantu Anda untuk berpikiran positif dan merasa lebih baik. Pola pikir ini juga akan menstimulasi diri Anda untuk melakukan kegiatan alternatif lainnya yang dapat dikerjakan untuk membuang rasa kesepian selama masa pandemi Covid-19 ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here