Mercedes Benz 300 SL Gullwing
Mercedes Benz 300 SL Gullwing

Salah satu perusahaan mobil asal Eropa yakni Mercedez Benz memiliki banyak mobil yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Mercedes Benz 300 SL Gullwing.

Mercedes Benz 300 SL Gullwing merupakan salah satu mobil keluaran Eropa. Mobil ini pertama kali dikenalkan pada bulan Februari 1954 di New York International Motor Sport Show. Mobil yang memiliki desain unik dan menarik ini hanya diproduksi hingga tahun 1957.

Keunikan dari Mercedes Benz 300 SL Gullwing ini terletak dari desain pintunya. Dimana pada bagian pintu mobil ini harus dibuka dengan cara ke atas. Sekilas bentuk ini menyerupai sayap burung atau bahkan batman.

Mobil yang diproduksi tahun 1957 ini sempat menghilangkan dan tak memberikan pintu model gullwingnya. Hal ini terjadi hingga tahun 1963 lantaran mobil yang diproduksi pada tahun tersebut menggunakan desain roadster atau mobil dengan dua kursi dengan tanpa atap permanen.

Mercedes Benz 300 SL Gullwing
Mercedes Benz 300 SL Gullwing

Tergolong mobil dengan desain unik dan menarik, Mercy 300 SL ini tergolong mobil yang dilengkapi dengan mesin dengan kekuatan setara mobil sport. Untuk urusan mesin, Mercy 300 SL Gullwing ini dilengkapi dengan sistem OHC dengan konfigurasi mesin enam silinder segaris 2.996 cc.

Jika dilihat dari sistem dan konfigurasi tersebut, mesin mobil ini memiliki tenaga 220 daya kuda dengan torsi 5.800 rpm. Sedikit berbeda dengan seri roadster, versi ini memiliki daya mencapai 240 daya kuda dengan torsi 6.100 rpm.

Mercedes Benz 300 SL Gullwing ini juga termasuk mobil langka yang hanya diproduksi dengan jumlah yang sedikit. Versi Gullwing hanya diproduksi sebanyak 1.400 unit, sementara versi roadster diproduksi sebanyak 1.858 unit saja di seluruh dunia.

Eyang Habibie bersama dengan koleksinya, Mercedes Benz 300 SL Gullwing
Eyang Habibie bersama dengan koleksinya, Mercedes Benz 300 SL Gullwing

Meskipun tergolong jenis mobil yang langka, mendiang Eyang Habibie memiliki satu mobil jenis Mercedes Benz 300 SL Gullwing loh. Kepemilikannya ini pun didapatkan dengan tidak sengaja. Bahkan Eyang Habibie harus merogoh kocek untuk memperbaiki mobil langka ini lantaran bentuknya yang sudah tidak utuh.

Di lansir melalui GridOto, untuk harga satu mobil Mercedes Benz 300 SL Gullwing ini bisa ditaksir dengan harga sekitar Rp14,4 miliar. Harga yang cukup fantastis untuk satu buah mobil klasik jenis Mercy ya. Sayangnya mobil ini sudah sangat langka dan tidak diproduksi lagi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here