Banyak dari kita yang suka merebus kembali air isi ulang sebelum digunakan. Meski pun sudah melalui proses layak konsumsi, masih sering terjadi air isi ulang direbus kembali. Konon, hal ini bisa membahayakan kesehatan. Mitos atau fakta?

Banyak mitos beredar yang menyebutkan bahwa merebus air pada suhu tertentu bisa menghilangkan kuman. Tapi tidak sedikit mitos yang menyebutkan jika merebus air justru mampu meningkatkan kadar zat beracun dalam air seperti nitrat, arsenin dan fluorida. Benarkah demikian?.

Dilansir dari laman doktersehat.com merebus air matang juga air mineral kemungkinan bisa memicu terjadinya reaksi kimia tertentu. Namun kemungkinan itu hanya kecil mengingat pada air putih yang direbus tak akan memunculkan zat lain di dalamnya selama perebusan. Perebusan ini juga tergantung pada suhu yang digunakan.

Jadi, bolehkah air mineral direbus ulang?

Ternyata merebus ulang air mineral dapat membahayakan kesehatan hanyalah mitos belaka, karena merebus air mineral pada dasarnya tidak memiliki bahaya bagi kesehatan. Karena kemungkinan besar kualitas air sudah sangat baik sehingga tidak disarankan untuk dilakukan perebusan ulang.

Kamu boleh merebus kembali air mineral tapi jangan sampai mendidih apalagi sampai menimbulkan banyak buih, hanya sebatas hangat air mineral aman untuk dikonsumsi. Jika merebus air mineral sampai mendidih justru dikhawatirkan mampu memicu munculnya zat berbahaya di dalamnya. Jadi, lebih baik hanya dihangatkan saja atau langsung saja dikonsumsi seperti air mineral pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here