Zaman dahulu kala, sebelum adanya mesin jahit, masyarakat membuat pakaian dengan cara manual hanya dengan menggunakan jarum sebagai alat untuk membuatnya. Tetapi, jarum yang dulu digunakan bentuknya belum seperti sekarang. dahulu, jarum yang digunakan untuk membuat pakaian pertama kali berasal dari bahan-bahan yang kalau dibandingkan dengan ukuran jarum sekarang pasti dianggap tidak lazim.

Konon, jarum pada zaman dahulu yang digunakan untuk membuat pakaian terbuat dari batu, tembaga, tulang, ataupun gading. Jarum yang terbuat dari bahan-bahan tersebut digunakan untuk menyatukan kulit hewan agar dapat menjadi sebuah pakaian. Sedangkan benang yang dipakai terbuat dari serat-serat otot hewan.

Bersyukur masyarakat sekarang tidak merasakan menjahit di zaman dahulu, karena semakin berkembangnya zaman dan semakin maju serta modern semua peralatan yang digunakan. Sehingga perlahan muncul lah mesin jahit Singer. Dari mana asalnya?

Howe dan Singer adalah dua nama top. Howe sebenarnya adalah nama penemu mesin jahit, nama lengkapnya Elias Howe. Howe menemukan mesin jahit pada tahun 1846. Sedangkan, nama Singer berasal dari nama Isaac Merrit Singer, adalah mesin jahit pertama yang memakai engkolan kaki sebagai penggeraknya.

Ketika digunakan, dan mulai menggoyangkan engkolan pada bagian kaki untuk menggerakkan mesin jahit selalu terdengar suara yang khas dari mesin jahit singer ini. Biasanya, mesin jahit singer ini kita lihat ketika sedang berkunjung ke rumah eyang jaman dulu. Dengan desain berwarna hitam dengan tulisan berwarna emas di bodi mesin jahitnya, menjadikan mesin jahit singer sebagai ‘pintu’ kenangan ke masa lalu.

Karena, pada pasca kemerdekaan ada tiga symbol kemapanan yang tidak boleh hilang dalam suatu rumah. Yaitu Radio, Televisi, dan Mesin Jahit Singer ini. Dahulu, mesin jahit dijalankan dengan di engkol kaki atau diputar dengan tangan. Dan zaman dulu, kalau memiliki satu buah mesin jahit singer atau mesin jahit merek Howe di rumah adalah tanda bahwa kamu orang mapan atau makmur.

Jadi kangen masa-masa dulu saat sering berkunjung ke rumah eyang dan menemukan mesin jahit singer ini di dalamnya nggak sih? Apakah kamu sempat punya dan pernah mencoba mesin jahit ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here