Anak-anak yang besar di era 80/90-an pasti kenal dengan sebutan ‘Es Mambo’, karena siapa yang tidak kenal dengan Es Mambo? Es berwarna warni yang hits ketika kalian masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Es Mambo terbuat dari sirup, sirup yang digunakan biasanya berwarna warni sehingga Es ini dijuluki dengan sebutan Es Mambo, kata Mambo adalah ungkapan lain untuk menggambarkan sesuatu yang berwarna-warni.

Sebab menurut catatan sejarahnya, Es Mambo sudah ada sejak jaman dulu kala. Bahkan sejak awal Indonesia mendapatkan kemerdekaanya. Menjadi salah satu jenis minuman es yang lawas, membuat Es Mambo tidak tersingkirkan di hati masyarakat. Penggemar Es Mambo pun tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga sangat menyukai Es Mambo.

Cara membuat Es Mambo tentunya sangat mudah sekali, larutkan sirup dengan air dan jangan lupa untuk diicip apakah sudah manis rasanya, jika sirup dan air sudah bercampur dan manis rasanya barulah dimasukkan ke dalam plastik ukuran lebar 3 cm dan panjang 10 cm, ikat dibagian ujung plastik lalu masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga keras, voila! Jadilah Es Mambo yang hits di zamannya.

Tetapi kini kemana perginya si Es Mambo ya? Keberadaannya sekarang memang sudah jarang sekali ditemukan, padahal Es Mambo mudah sekali dibuat dan murah harganya ketika dijual. Saat ini hanya beberapa orang saja yang masih berjualan Es Mambo, itu juga kalau Anda menyusuri warung di kampung-kampung kecil barulah bisa menemukan pedagang yang masih menjual Es Mambo di warungnya. Jika sengaja dicari, mungkin hasilnya akan membuat Anda gigit jari.

Agar kerinduan Anda pada Es Mambo bisa terobati, lebih baik Anda membuat sendiri di rumah Es Mambo yang dulu menjadi idola ketika Anda masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Berikut adalah resep membuat Es Mambo warna-warni pelangi yang bisa dilakukan di rumah. Yuk!

 Bahan Es Mambo Pelangi:

  • 250 gr gula pasir
  • 10 gelas air
  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 1 gelas santan
  • 1 sendok teh garam
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama masukkan tepung hunkwe, air, santan, gula pasir dan garam jadi satu kemudian masak dalam api panas dan aduk-aduk hingga matang.
  2. Setelah adonan sudah matang, angkat dan dinginkan kemudian bagi adonan menjadi tigabagian dan beri pewarna sesuai selera.
  3. Lalu masukkan adonan es mambo kedalam plastik kemudian ikat, lakukan terus menerus hingga adonan habis.
  4. Setelah adonan habis, masukkan es mambo ini kedalam lemari es.
  5. Setelah es mambo membeku, keluarkan dari freezer dan Anda bisa langsung menikmatinya.

Semoga dengan resep Es Mambo Pelangi dapat mengobati kerinduan Anda pada Es Mambo yang dulu selalu menjadi jajanan favorit. Selamat mencoba!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here