Jahe memang dikenal sebagai pelega tenggorokan, apalagi disaat cuaca dingin atau kalau sedang tidak enak tenggorokan minuman berbahan jahe seperti susu jahe, bandrek, wedang uwuh, dan lain-lain dapat membuat tenggorokan dan tubuh jadi lebih hangat.

Namun ternyata manfaat jahe tidak hanya sampai disitu saja. Ada 6 khasiat untuk kesehatan tubuh yang hanya dimiliki jahe, penasaran? Disimak terus ya!

  1. Mengatasi Mual dan Muntah.

Keluhan mual dan muntah yang dialami oleh seseorang yang sedang menjalani pengobatan dan harus selalu minum obat, atau bahkan keluhan mual pada ibu hamil dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe. Konsumsi jahe dapat dilakukan 30 menit sebelum meminum obat, ibu hamil juga bisa mengonsumsi susu jahe ataupun bandrek untuk meredakan mual dan muntah yang dialami.

  1. Meredakan Kram Perut Saat Haid.

Setiap perempuan mengalami kram perut saat sedang masa haid, untuk mengatasinya kamu hanya perlu Konsumsi bubuk jahe sebanyak 500-2.000 mg selama 3-4 hari pertama siklus haid. Hal ini dipercaya dapat meredakan keluhan kram perut yang sering terjadi.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes dan Penyakit Jantung.

Jahe dipercaya memiliki efek anti diabetik yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mampu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Jahe juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung karena beberapa kandungan yang terdapat pada jahe.

  1. Mengatasi Nyeri Sendi.

Rajin mengonsumsi jahe juga dapat mengatasi nyeri sendi atau penyakit tulang rawan sendi rusak karena jahe memiliki kandungan anti inflamasi. Sebuah penelitian juga menunjukkan efektivitas konsumsi jahe hampir sama dengan obat anti nyeri seperti ibuprofen.

  1. Mencegah Kanker.

Kandungan gingerol yang banyak ditemukan di dalam tubuh jahe dipercaya memiliki efek anti kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe berkhasiat menurunkan aktivitas molekul pro-inflammatory di dalam usus, sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon atau kanker usus.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak.

Stres oksidatif dan inflamasi kronis dapat mempercepat proses penuaan. Hal yang sama juga terjadi pada jaringan otak yang dapat berujung pada penyakit Alzheimer dan penurunan fungsi kognitif lainnya akibat proses penuaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek antioksidan pada jahe dapat menghambat reaksi inflamasi yang terjadi pada otak, sehingga kinerja otak bisa meningkat.

Ternyata, manfaat jahe sungguh sangat beragam ya. Tak hanya mampu sebagai pelega tenggorokan plus efek menenangkannya saja yang jadi andalan, khasiat lainnya pun kini bisa kamu dapatkan hanya dengan rajin mengonsumsinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here