Michael Learns to Rock

I won’t forget the way you’re kissing…The feeling’s so strong were lasting for so long…But I’m not the man your heart is missing…That’s why you go away I know

Michael Learns To Rock atau biasa dikenal dengan MLTR merupakan musisi beraliran pop-pop rock yang berasal dari Denmark. Grup musik ini dibentuk oleh Jascha Richter (keyboard) pada tahun 1988. Bersama dengan Kare Wanscher (drum), Mikkel Lentz (gitar) dan Soren Madsen (bass), nama Michael Learns To Rock pun terbentuk. MLTR pun menjadi band asal Denmark yang rajin mampir dan menyambangi Indonesia untuk tampil dan berjumpa dengan para penggemar.

Bermula ketika Richter dan Wanscher bertekat untuk membentuk sebuah grup musik dengan aliran pop, yang kemudian di tengah jalan mereka bertemu dan memutuskan untuk merekrut Lentz dan juga Madsen. Karirnya pun bermula saat melakukan rekaman untuk lagu demo di sebuah studio. Hasil rekaman lagu tersebut mereka kirimkan ke sebuah kompetisi musik, Rock Grand Prix di Aarhus.

Berkat kompetisi musik yang mereka ikuti, nama MLTR pun berhasil meraih posisi kedua saat itu. Hal ini pula yang membuat MLTR untuk pertama kalinya tampil di hadapan penonton secara bersama-sama. Sejak kemenangan itu, MLTR pun mulai melakukan tur di Denmark. Mencuri hati penonton, menambah jumlah penggemar, hingga membuat penonton mengidolakan MLTR.

Michael Learns to Rock

Selama kurang lebih dua tahun melakukan perjalanan tur, MLTR pun bekerja keras dalam menulis lirik, lagu hingga melakukan rekaman. Hingga pada akhirnya sebuah album debut self-titled berhasil mereka rilis di bulan September 1991. Salah satu lagu hits yang berhasil menaikkan nama MLTR ialah The Actor. Bahkan lagu tersebut juga populer di Indonesia dan menempati posisi #1 di tangga lagu berbagai Negara.

Setahun kemudian, Richter mulai mengumpulkan ide untuk membuat lagu dan album berikutnya. Proses pengumpulan ide dan pengembangan musik pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit, hingga pada Oktober 1993 album kedua dari MLTR yang bertajuk Colours berhasil di rilis.

Bersama dengan album Colours, lahir sejumlah lagu hits diantaranya Sleeping Child dan juga 25 Minutes. Album kedua dari MLTR ini pun berhasil pecah telur di angka penjualan hingga 1 juta keping kopi, berbanding terbalik dari album debutnya.

Michael Learns to Rock

Rangkaian tur konser dari MLTR pun mulai berjalan. Promosi hingga pematangan konsep pun menjadi tujuan utama dari band asal Denmark. Perjalanan tur Eropa dan Asia pun mereka lakukan.

Tahun 1995, album ketiga dari Michael Learns To Rock dirilis. Kali ini, Richter mengusung tajuk Played on Papper. Album ketiga ini pun sukses besar di pasaran dengan berhasil terjual lebih dari 1,2 juta album. Kesuksesan album ketiga ini tak lepas dari lagu That’s Why (You Go Away) dan juga Someday. Pengambilan gambar dari video klip lagu Someday sendiri dilakukan di Indonesia, tepatnya di Pulau Dewata, Bali. Proses syuting videoklip lagu Someday pun di lakukan di Pantai Padang-Padang, Bali.

Michael Learns to Rock

Pada tahun 1996 album keempat pun kembali dirilis. Paint My Love menjadi album tersukses dari karir MLTR sebagai musisi. Album tersebut laku keras di Asia Tenggara dan beberapa Negara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, hingga Indonesia. Paint My Love berhasil terjual hingga 3,4 juta kopi. Kesuksesan yang luar biasa bagi Michael Learns To Rock.

Sepanjang tahun 1997 hingga 2000-an, MLTR telah menyelesaikan dan merilis album meliputi Nothing to Lose (1997), Blue Night (2000), dan Take Me To Your Heart (2004). Sebelum merilis album Blue Night, Soren Madsen memutuskan untuk hengkang dari grup. Baik Richter, Lentz dan Wanscher tetap melanjutkan karir MLTR sebagai trio.

Tahun 2005, MLTR pun menyambangi Indonesia untuk melakukan konser tunggal. Penampilan MLTR di Indonesia akan kembali di selenggarakan di perayaan 90’s Festival 2019, tepatnya pada 24 November 2019 mendatang.

Baca juga: The 90’s Festival 5th Edition – November 2019, Hanson dan MLTR Jadi Line Up Pengisi Acara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here