Kedutan atau yang disebut dengan nama myokymia merupakan gerakan berkedip atau kejang pada saraf kelopak mata atas atau bawah yang berulang dan tidak terkendali, tetapi hanya mempengaruhi satu mata di satu waktu. Dan pernah kah Anda mengalaminya? Apakah Anda langsung mencari tahu apa penyebab mata mengalami kedutan yang tiba-tiba? Sebenarnya sangat penting mengetahui apa penyebab mata kedutan, karena bisa saja kedutan pada mata menganggu kegiatan Anda.

Tetapi, konon katanya mata kedutan ada kaitannya dengan mitos-mitos yang dipercaya sejak dulu kala. Tidak hanya memiliki kaitan dengan mitos saja, mata kedutan juga ada kaitannya dengan kesehatan. Lantas, mana yang harus lebih dipercaya arti mata kedutan dengan mitos atau dengan kesehatan? Meskipun mata kedutan bukan suatu kondisi yang berbahaya, lebih baik mari kita simak ulasannya di bawah ini.

  • Hubungan Mata Kedutan dengan Mitos;

Kedutan pada kelopak mata kanan atas dan kelopak mata kiri atas. Mitos yang berkembang sejak dulu kala menyebutkan kalau kedutan pada area tersebut pertanda akan mendapat rejeki nomplok yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

Sedangkan kedutan pada kelopak mata kanan bawah dan kelopak mata kiri bawah pertanda akan menangis, atau mengalami kesedihan yang mendalam. Tak hanya itu saja, mitos juga menyebutkan jika mata kedutan di sebelah kiri sebagai pertanda Anda akan jatuh sakit.

  • Hubungan Mata Kedutan dengan Kesehatan;
  1. Stress. Ketika Anda sedang mengalami stress otot pada mata menjadi tegang, hal itu  lah yang menyebabkan mata kedutan tiba-tiba. Lebih baik Anda mengurangi   kadar stress dalam diri dengan merileksasi tubuh dan pikiran agar mata kedutan bisa berhenti dan otot yang tegang pada mata bisa mereda.
  2. Terlalu Lelah. Kondisi tubuh yang terasa lelah karena kurang tidur atau karena banyaknya    aktifitas yang dilakukan sehari-hari bisa menjadi salah satu faktor penyebab    mata kedutan. Usahakan selalu menjaga pola tidur, dengan cukup tidur bisa   membuat tubuh dan mata menjadi lebih sehat.
  3. Terlalu Lama Menatap Layar Komputer. Terlalu lama menatap layar komputer, tv, maupun handphone dapat membuat  mata Anda kering dan juga bisa membuat mata menjadi lebih cepat lelah. Jika  mata kedutan karena terlalu lama menatap layar, jauhkan objek tersebut dan  luangkan waktu 20 menit untuk memejamkan mata agar kembali rileks.
  4. Kurang Asupan Nutrisi. Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menjaga kesehatan mata,   kurangnya mengkonsumi buah dan sayur dapat menyebabkan kinerja kerja mata jadi menurun sehingga timbul lah kedutan pada mata secara tiba-tiba.

Namun jika Anda sangat terganggu dengan mata kedutan Anda bisa langsung merileksasi mata dengan cara kompres wajah khususnya wajah selama 10 menit dengan air hangat, kemudian usahakan tidur tepat waktu setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here