Laman dunia maya memang menjadi sumber berita di zaman milenial saat ini, banyak kasus yang mencuat ke permukaan karena sebelumnya sudah viral di dunia maya. Seperti salah satu cerita yang ada diunggahan sebuah akun twitter yang viral karena di retweet hingga 34 ribu kali menceritakan tentang sekelompok wisatawan asal Jawa Timur saat berkunjung ke Yogyakarta.

Mereka mengalami sejumlah kejadian yang menurut mereka menakutkan mulai dari menginap di apartemen hingga berfoto mengenakan baju berwarna hijau di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mitos larangan mengenakan pakaian berwarna hijau saat mengunjungi Pantai Parangtritis kembali ramai diperbincangkan. Lantas, apakah benar kalau memakai baju berwarna hijau akan terseret ke dalam laut dan tidak akan pernah kembali karena sudah menjadi ‘anak buah’ Nyi Roro Kidul.

Bak seperti terror yang terus menghantui kala mendengar mitos ini, ternyata jika dikaitkan dengan penjelasan ilmiah, memakai baju berwarna hijau di Pantai Parangtritis hanyalah mitos belaka. Mengutip penjelasan dari Peneliti Madya Bidang Oseanografi Terapan, Pusat Riset Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, adanya “Fenomena Upwelling” seringkali membuat orang yang berkunjung ke pantai dapat terseret.

Fenomena Upwelling.

Berbicara tentang potensi dampak negatif, maka hal ini yang patut diwaspadai oleh masyarakat, terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Jawa. Gelombang yang datang tegak lurus menuju ke pantai ketika menghantam dua gundukan pasir dan atau dua gundukan karang yang mengapit sebuah alur yang lebih dalam, akan menghasilkan arus balik meninggalkan pantai menuju ke laut lepas dengan kecepatan sekitar 20 meter per detik.

Arus ini bisa menggerus pasir yang dipijak oleh wisatawan yang berada di kawasan bibir pantai tersebut. Area gelombang pecah biasanya lebih tenang dibandingkan dengan gundukan pasir atau tumpukan karang. Arus yang kencang ini sering menyeret wisatawan yang tidak siap, dalam 5 detik seseorang akan terseret hingga 100 meter ke lepas pantai.

Lalu, apa hubungannya dengan larangan memakai baju hijau saat dipantai? Ternyata ada alasan logis mengenai hal tersebut. Apabila ingin turun berenang, carilah area yang lebih aman, dan gunakan kostum yang berwarna cerah, seperti jingga atau merah muda. Hindari kostum berwarna hijau. Karena apabila kamu terseret arus atau tenggelam akan sulit dicari. Baju berwarna hijau akan menyatu dengan warna air laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here