Beberapa waktu belakangan ini kerap muncul video kafe misterius dan unik di media sosial, menampilkan sosok “buaya” dan “harimau” melayani pelanggan membeli kopi. Nampak dari depan kafe ini berupa sebuah tembok abu-abu yang memiliki lubang kecil berbentuk kotak. Dari dalam lubang muncul sosok “buaya”.

Namun, bukan buaya sungguhan melainkan boneka tangan berbentuk buaya yang disebut Mr.B (Buaya) dan juga sosok Mr.T (tiger) yang juga sebuah boneka tangan. Kafe unik dan misterius itu bernama MYST bar. Lokasinya di Pasar Baru Bandung, Gg. Suniaraja No.8, Braga, Kec. Sumur Bandung.

Kafe ini menjadikan boneka tangan sebagai pelayanan sekaligus kasir. Pelanggan tidak bertemu maupun bertatap muka dengan staf secara langsung. Kafe ini terinspirasi dari ATM TEA bar di Thailand, yang mana kafe tersebut tidak tertutup dan karyawan masih terlihat.

MYST Bar ini baru saja dibuka pada 26 Desember 2020. Berjalan satu bulan, MYST Bar menuai tanggapan baik dari para pelanggannya. Sebab konsepnya sangat unik dan belum pernah ada sebelumnya. Pelanggan yang hendak memeasan di MYST Bar akan langsung mengahadap kotak seperti intercom yang menempel di dinding depan kafe. Kemudian, langsung dilayani oleh dua boneka tangan.

Pemesanan hanya dilayani lewat intercom, tidak ada menu. Untuk kasir dilayani oleh boneka buaya, pelayan oleh boneka tiger, tidak ada kursi dan meja.

Pemilik kafe menyampaikan alasannya tak ingin dilihat oleh pelanggannya. Ia juga menjelaskan kenapa kafenya hanya berbentuk seperti tembok dengan sebuah lubang kecil. Karena konsepnya Misterius dan pemilik kafe lebih menyukai bekerja dibelakang layar karena beliau bukan tipe orang yang ingin dilihat atau melihat.

Pemilik MYST Bar mengatakan bahwa selain alasan tak suka dilihat orang, ia juga memangkas biaya operasional dengan memilih konsep tersebut. Ia tak perlu menyediakan ruang kafe, perabotan dapur, dan menggaji karyawan. Ia lebih baik menghemat pengeluaran dan menjalankan tempat usahanya itu sendirian tanpa karyawan.

Ia pun membenarkan bahwa konsep MYST Bar miliknya ini merupakan inovasi di tengah protokol kesehatan dan aturan dari pemerintah untuk pengusaha food and beverage. Konsep unik ini juga terlahir dari keterbatasan biaya.

Kini karena sudah dikenal banyak orang, pemilik MYST Bar merasa senang dan kadang kewalahan melayani pelanggannya, kebanyakan keluarga, ABG-ABG disaat weekend. Pemilik menerapkan sistem satu customer order dan langsung dibayar, kemudian pemilik akan membuatkan pesanan, kemudian diserahkan ke customer, dan dilanjutkan ke customer selanjutnya. Berkat konsep uniknya ini, MYST Bar mulai banyak pengunjung. Saking terkenalnya, ada yang sengaja datang dan minta berfoto dengan dua tokoh boneka tangan.

MYST Bar meyediakan minuman berbahan dasar susu non-kopi seperti Unblack Forrest, Silent of Tiramisu, Salted Memories, Candy Moody, Calm Klepon Cookies Quite, dan varian lainnya. Harga minuman ini Rp 18.000.

Kemudian ada juga varian simple mocktail yang harganya serba Rp 15.000. Beberapa pilihannya seperti Stuck on Orange, Mimosa Feelings Blue, Lost in Red Berry, dan Alone Popcorn. Bagi pecinta kopi, bisa menikmati Bored Es Kopi Susu dengan harga Rp 18.000.

Gimana Oldiest, cukup tertarik untuk mencoba pelayanan MYST Bar ini, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here