Nasi Campur Bu Harjo Kediri

Kediri merupakan salah satu kota yang memiliki kuliner legendaris sejak 1945. Kuliner tersebut adalah nasi campur Bu Harjo. Meskipun bukan makanan khas kota Kediri, bagi masyarakat Kediri dan juga wisatawan, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi nasi campur Bu Harjo ini.

Nasi campur Bu Harjo sudah berdiri sejak tahun 1945. Dahulu istri dari Pak Harjo yakni Bu Surip membuka warung makannya dengan sangat sederhana. Pasar Bandar, menjadi lapak pertama kali bagi Bu Harjo memulai bisnis kulinernya, tepatnya di sudut pasar Bandar.

Nasi Campur Bu Harjo Kediri

Saat itu Bu Harjo menjual empat menu andalan, antara lain nasi campur, nasi rawon, nasi bali dan krengsengan. Tidak ada yang spesial memang, namun cita rasa yang ditawarkan sangat melekat di lidah masyarakat kota Kediri.

Pada tahun 1997, Pasar Bandar mengalami renovasi. Hal ini membuat Bu Harjo pindah dari lokasi yang membesarkan bisnisnya. Ia pun mulai pindah ke sebuah gang kecil, tepatnya di Bandar Lor Gang 1B Kecamatan Mojoroto.

Nasi Campur Bu Harjo Kediri

Sejak berdiri tahun 1945, nasi campur milik Bu Harjo ini menjadi salah satu primadona yang akan selalu dipilih sebagai menu spesial diberbagai acara. Saat ini nasi campur Bu Harjo sudah di kelola oleh generasi keempat. Bu Harjo yang tidak memiliki keturunan ini mewariskan bisnis usahnya kepada keponakannya. Andri, Ayu dan Ari adalah ketiga pengelola dari nasi campur Bu Harjo saat ini.

Jika melihat menu yang di jual, memang terkesan biasa saja dan sama dengan warung nasi kebanyakan. Namun, hal yang membuat spesial dari nasi campur Bu Harjo ialah dari lauk yang tersaji dengan beraneka ragam, mulai dari empal sapi bumbu, ayam suwir kari, dan tak lupa pelengkapnya serundeng.

Jika berkunjung ke kota Kediri, sempatkan diri untuk mampir ke nasi campur Bu Harjo, tepatnya di Bandar Lor Gang 1B Kecamatan Mojoroto. Ingat jangan bawa kendaraan beroda empat, karena Anda perlu masuk ke dalam gang untuk bisa mencicipi seporsi nasi campur khas Bu Harjo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here