Menginjakan kaki ke Cirebon belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kudapan khas Cirebon, Nasi Lengko. Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi lengkonya ialah Nasi Lengko H.Barno. Kudapan khas Cirebon ini tidak boleh terlewatkan jika Anda mampir ke kota udang ini.

Nasi Lengko merupakan makanan khas dari kota Cirebon. Dinamakan nasi lengko lantaran diambil dari kata langka, yang berarti jarang atau tidak ada. Kata lengko pun diambil lantaran lauk-pauk yang tersaji dalam satu porsi nasi lengko sangat sederhana.

Dalam satu porsi nasi lengko biasanya akan berisikan nasi putih lengkap dengan lauk-pauknya seperti tahu, tempe, daun kucai, tauge, timun, bawang goreng dan kuah saus kacang sebagai pelengkapnya.

Sebagai makanan khas Cirebon dan maraknya nasi lengko yang dijual diberbagai tempat, salah satu warung makan yang terkenal dengan nasi lengkonya ialah milik H.Barno. Nasi Lengko milik H.Barno ini terletak di Jalan Pagongan No 15B, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon, Jawa Barat.

Nasi Lengko milik H.Barno ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an, saat itu H.Barno hanya menjual dagangannya di sebuah trotoar jalan. Seiring berjalannya waktu, warung makannya ini pun membuka sebuah kedai kecil yang dapat menampung sekitar 100 orang.

Resep turun temurun yang diwariskan oleh H.Barno ini pun sudah mengalir hingga generasi ke ketiga. Dia adalah Ibu Tini, generasi ke tiga yang mewarisi usaha Nasi Lengko H.Barno. Tini sebagai generasi ke tiga yang memegang usaha kuliner tersebut pun masih mempertahankan resep dan ciri khas yang sama sejak dahulu kala.

Salah satu rahasia yang membuat Nasi Lengko H.Barno tetap eksis hingga saat ini ialah proses penggilingan kacang yang masih tradisional. Kacang yang digunakan sebagai saus dan bumbu tidak di blender sebagai mana warung makan lain lakukan. Disini, proses penghalusan kacang dilakukan dengan cara digiling menggunakan lesung. Hal ini pula yang menjadi nilai tambah dari Nasi Lengko H.Barno.

Sebagai kudapan khas Cirebon, nasi lengko muncul pertama kali berkat kreasi dari masyarakat Cirebon. Saat itu nasi lengko tercipta pasca kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu lauk-pauk yang tersaji dalam satu porsi nasi lengko sangat sederhana dan merakyat.

Bukan hanya menyajikan nasi lengko saja, di Nasi Lengko H.Barno juga tersedia sate kambing yang bisa berguna sebagai pelengkap menyantap nasi lengko. Tenang saja, tidak perlu khawatir dengan bau prengus yang akan muncul di daging kambingnya. Pasalnya, proses pengolahan dan pemilihan daging kambing sangat diperhatikan. Daging kambing yang digunakan hanyalah daging kambing yang berusia muda atau satu tahun.

Nasi Lengko H.Barno mulai beroperasi dari pukul 06:00 hingga 20:00 WIB. Untuk harga satu porsi nasi lengko hanya di bandrol sekitar Rp10,000 saja. Tertarik untuk mampir dan mencicipi makanan khas Cirebon ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here