Elo borju, jangan belagu. Lagak lo tuh sok tau. Ini itu lihat dulu, kalo belagu muke lo jauh. Siapa yang membaca tulisan tersebut sambil nyanyi? Nah ketauan ya berapa usia kalian sekarang. Masih ingat dong dengan sepenggal lagu diatas? Lagu yang ngehits di tahun 90-an ini dibawakan oleh NEO, grup rap asal Indonesia.

NEO beranggotakan lima laki-laki muda yang bersahabat, mereka adalah Aldy, Udet, Abe, Doniel dan Derry. Mereka berlima bertemu saat sedang menghadiri sebuah festival musik hip-hop, dan memutuskan untuk bekerjasama dalam satu grup, NEO.

Sepenggal lirik lagu diatas merupakan salah satu lagu hits NEO yang berjudul Borju. Lagu ini mulai dirilis pada tahun 1999, dan berhasil memenangkan penghargaan AMI Awards dan mendapat plakat multi platinum berkat penjualan albumnya yang sukses di pasaran.

Jika ada yang mengklaim bahwa lagu ‘Cewek Matre’ adalah lagu dari NEO, itu suatu kesalahan. Lagu Cewek Matre dinyanyikan oleh Black Skin. Grup Black Skin ini memang beranggotakan salah satu personil NEO, Abe, sehingga kental dalam ingatan jika lagu Cewek Matre adalah lagu NEO.

Karir NEO bermula ketika Aldy dan Derry mengajak serta Udet, Abe dan Doniel untuk membuat sebuah lagu yang saat itu diproduseri oleh Iwang Noorsaid. Saat bersama dengan Iwang Noorsaid, kelima pemuda tersebut tidak langsung menggunakan nama NEO untuk grup mereka. Mereka memilih nama Southern Funksta. Dengan nama tersebut, di tahun 1999 Southern Funksta menciptakan lagu ‘Terbang Di Langit Biru’, yang terdapat di album Melly Manuhutu.

NEO (Source: neo-rap.com)
NEO (Source: neo-rap.com)

Pada tahun 1997, Aldy CS pun mulai menekuni dan mengumpulkan materi musik untuk diajukan ke beberapa produser rekaman. Namun sayang, perjuangan Aldy CS tak semulus yang dibayangkan. Berbagai penolakan pun mereka alami hingga hampir 2 tahun ke depan.

Barulah sekitar tahun 1999, perjuangan mereka untuk masuk ke dapur rekaman terwujud. Saat itu Bintang Record dan Musica Studio sepakat untuk menjadi label dan mendistribusikan album Southern Funksta.

Suatu hari, kelima pemuda berbakat ini pun memutuskan untuk mengganti nama Southern Funksta dengan nama NEO. Hal ini juga didukung oleh Iwang Noorsaid sang produser musik mereka saat itu. Nama NEO sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang berarti baru, sehingga mereka berharap dapat terus menghasilkan karya-karya yang baru.

Barulah setelah perubahan nama tersebut, NEO melakukan proses pembuatan video clip untuk lagu ‘Borju’, yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dan Upi.

Selama kurang lebih 8 tahun berkarya, NEO telah berhasil merilis 5 buah album, diantaranya Borju (1999), Bahagia (2000), Tu..La..Lit..(2002), NEO-Self Title (2004) dan BOSS (2007). Album BOSS menjadi album terakhir untuk Abe dan Doniel bersama dengan NEO. Pasalnya kedua anggota tersebut memutuskan untuk keluar dari NEO.

Tahun 2013, NEO yang hanya tersisa dengan 3 anggota kembali merilis album keenam mereka yang berjudul, Positivity. Pada album keenam ini, NEO memutuskan untuk berada dibawah naungan label Independen Demajors. Meskipun demikian, NEO menggandeng banyak sekali musisi berbakat pada proses pembuatan album keenam ini, seperti Iwang Noorsaid, Ikmal Tobing, Dewi Sandra, Ras Muhamad, Victor Manuputty, Idham Nursaid, Emily Laras, Bagindo dan DJ Etnic.

Meski tak setenar dan sepopuler dulu, grup rap NEO mampu bertahan dan bersaing di industri musik Indonesia, dengan karya yang apik dan berbeda dari musisi kebanyakan. Hingga akhirnya di tahun 2016 lalu, NEO kembali merilis sebuah single terbaru berjudul ‘Curhat Lagi’. Hal ini dilakukan oleh NEO sebagai bentuk pembuktian bahwa mereka mampu bertahan dan bersaing di belantika musik Indonesia, seperti 17 tahun yang lalu.

Lirik lagu dari ‘Curhat Lagi’ NEO ini berisikan tentang seorang cowok yang mengalami dilema karena memendam perasaannya. NEO mengikuti perkembangan zaman, khususnya pada aliran musik yang mereka terapkan juga pada lagu terbarunya. Mengusung musik kekinian dan memadukan Pop – EDM, sehingga penikmat musik NEO generasi baru bisa menikmati karya NEO.

Keseluruhan lirik rap dari lagu ‘Curhat Lagi’ ditulis langsung oleh Aldy dan Derry, sementara untuk lirik song/chorus ditulis oleh Doniel, mantan personil NEO. Udet bertanggung jawb untuk aransemen musik.

Pembuktian NEO dalam 17 tahun berkarya pun akan terus berlanjut. Sudah dengar lagu terbaru NEO ‘Curhat Lagi’? Jika belum, yuk dengerin sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here