Sering nguap dan merasa ngantuk kalau lagi kerja? Duh bahaya tuh, biasanya tubuhmu butuh asupan makanan yang bisa meningkatkan daya konsentrasi sehingga kamu jadi lebih sigap dan segar saat lagi jam kerja. Karena jam kerja rata-rata dimulai dari pukul 8 pagi sampai jam 5 sore sehari dan lima hari dalam seminggu atau lebih. Karena pekerjaan-pekerjaan tersebutlah, seseorang dituntut untuk selalu fokus dan konsentrasi agar cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Baca Juga : Jangan Takut Asam Lambung Naik, Coba dan Nikmati Makanan Ini Yuk!

Nah, ternyata makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap kinerja otak. Jangan sampai karena kesibukan, kamu hanya ingin memakan makanan yang cepat diolah dan dikonsumsi. Karena pasalnya, makanan siap saji justru tidak baik untuk kesehatan. Untuk meningkatkan daya konsentrasimu dalam bekerja, wajib dicoba untuk konsumsi 7 makanan di bawah ini;

  1. Ikan Salmon.

Apakah kamu tahu kalau otak manusia terbuat dari 60% lemak? Karena itulah dibutuhkan asupan lemak asam agar otak dapat berfungsi dengan baik. Agar asupan lemak asam terpenuhi, kamu bisa konsumsi Ikan Salmon karena kaya akan omega 3 yang bisa meningkatkan kekuatan otak dan mengandung DHA yang bisa mencegah penyakit Alzheimer. Sstt.. ditemukan studi terbaru yang menyebutkan kalau Ikan Salmon mampu mengatur mood agar tetap positif.

  1. Tomat.

Tomat mengandung senyawa lycopene yang mampu menjaga dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah yang sering dikira sayuran ini ternyata sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otakmu lho, apalagi kalau dikonsumsi setiap hari bisa mendorong memori otak menjadi lebih tajam.

  1. Brokoli.

Dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya, Brokoli memiliki sumber Vitamin K paling tinggi. Vitamin K berfungsi meningkatkan kemampuan kognitif dan kekuatan otak. Mengonsumsi semangkuk Brokoli tiga kali seminggu merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kekuatan otak.

  1. Bayam.

Bayam mengandung Antioksidan yang mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Selain itu Bayam juga kaya akan Kalium yang dapat merawat konektivitas otak, meningkatkan daya pikir, dan daya ingat. Tak hanya memiliki banyak manfaat untuk otak, Bayam juga dapat membantumu dalam mendetoksifikasi tubuh.

  1. Teh Hijau.

Ternyata Teh Hijau sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya konsentrasi saat bekerja, karena teh hijau mengandung asam amino theanine yang bisa meningkatkan fokus dua kali lipat daripada kamu meminum kopi yang banyak mengandung kafein.

  1. Alpukat.

Alpukat adalah salah satu makanan untuk otak yang kaya akan asam oleat. Buah berwarna hijau ini bisa membantu kinerja otak dengan menciptakan sebuah selubung di sekitar otak yang bernama mielin. Mielin dapat membantu proses informasi pada kecepatan hingga sekitar 300 km/ jam.

  1. Air Putih.

Yang sudah pasti banyak manfaatnya untuk tubuh adalah air putih. Sangat dianjurkan untuk minum air putih minimal 2 liter sehari, tetapi pada kenyataannya banyak orang yang tidak mengikuti anjuran minum air putih ini. Jika kamu tidak mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, otomatis cairan tubuh yang hilang tidak dapat digantikan dengan sempurna. Kalau kamu sudah kekurangan cairan maka otakmu akan menanggung akibatnya, yaitu otak jadi tidak fokus dan mudah kelelahan bahkan sakit kepala saat sedang beraktivitas.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here