Semalam, Rabu 7 Agustus 2019, boyband era 90an asal Irlandia, Westlife menggelar konser di Jakarta, tepatnya di ICE BSD. Mereka memang dikenal karena lagu-lagu yang dibawakan sangat easy listening apalagi kalau untuk karaokean lagu-lagu Westlife adalah pilihan terbaik. Beberapa lagu hits Westlife menjadi  panggung yang paling ditunggu-tunggu oleh penonton konser semalam, salah satunya lagu Uptown Girl.

Para pecinta Westlife pasti habis ngejerit senang karena melihat langsung idola nyanyi di depan mata. Khusus buat kamu nih, yang ngaku fans berat Westlife udah tahu belum kalau Westlife punya rahasia di salah satu lagu mereka yang berjudul Uptown Girl?

Kamu tahu nggak sih sebelum dibawakan oleh Westlife, lagu Uptown Girl sudah lebih dahulu ada yang menyanyikan? Dan setelah dirilis ulang Westlife di 2001, lagu ini jadi kembali booming, dia adalah Billy Joel. Seorang penyanyi asal Amerika Serikat. Billy Joel adalah penyanyi asli dari lagu Uptown Girl, lagu ini terdapat dalam album Billy Joel yang bertajuk “An Innocent Man” dan dirilis pada tahun 1983.

Billy Joel

Lagu Uptown Girl masuk ke dalam chart Billboard dan berhasil posisi 1 di UK Singles Chart. Akhirnya, lagu Uptown Girl dinyanyikan ulang oleh Westlife dan berhasil kembali mencapai nomor 1 di UK Singles Chart pada tahun 2001, lagu milik Billy Joel ini, penyanyi yang mahir bermain piano, juga membawa Westlife menjadi urutan ke 23 The Best Selling Single of the 2000s dengan penjualan mencapai hampir 760 ribu keping.

Baca juga: Masih Ingat Steelheart? Grup Band Rock dengan Jangkauan Suara Vokal Tertinggi

Dibalik kesuksesan lagu Uptown Girl, ada kisah rahasia yang hanya diketahui oleh segelintir orang. Awalnya, Billy Joel terinspirasi membuat lagu ini saat dirinya mengalami perceraian. Ia merasa banyak perempuan yang ingin pergi bersamanya setelah Ia bercerai dan juga karena Ia seorang musisi dengan keahlian bermain piano yang luar biasa.

Lagu Uptown Girl yang kita dengar sekarang adalah hasil dari inspirasi seorang Billy Joel ketika dirinya bermain piano di Karibia dan ada 3 perempuan yang berdiri di sana melihatnya bermain piano, mereka adalah Elle McPherson, Whitney Houston, and Christie Brinkley. Sejak saat itu, Billy Joel sering berkencan dengan Elle McPherson. Selama mereka menjalani hubungan percintaan, Billy Joel membuat lagu Uptown Girl yang liriknya berkisah tentang Elle yang saat itu masih berusia 19 tahun.

Billy Joel diantara Elle McPherson dan Christie Brinkley, wanita-wanita dibalik lagu Uptown Girl

Namun, karena hubungan Billy dan Elle tidak serius, Billy Joel kembali berkencan dengan seorang supermodel bernama Christie Brinkley. Yang mana sejak saat itu lirik lagu Uptown Girl diubah kembali oleh Billy dan menceritakan tentang Brinkley. Kisah percintaan Billy Joel dan Christie Brinkley pun berakhir dengan pernikahan yang digelar pada tahun 1985, maka jadilah lagu Uptown Girl yang video klipnya juga dibintangi oleh Christie Brinkley yang cantik nan mempesona.

Billy Joel dan Christie Brinkley akhirnya menjadi pasangan suami istri selama 9 tahun (1985-1994) setelah single Uptown Girl menjadi hits dunia.

Dalam video klipnya, Billy Joel bergaya ala cowok-cowok bengkel yang di datangi gadis kota yang cantik dan sang gadis tertarik dengan Joel kemudian diajak pergi oleh Joel naik moge, Kalau video klip versi Westlife mereka bergaya ala cowok-cowok pelayan restoran yang di datangin gadis kota cantik yang naksir juga sama mereka, lalu Westlife dan gadis kota itu pergi bersama.

Uniknya, kedua video musik tersebut sama-sama memakai supermodel sebagai Uptown Girl video musiknya. Bila versi Billy Joel ada Christie Brinkley, Westlife mengajak supermodel yang terkenal diera 90an sebagai Uptown Girlnya, Claudia Schiffer. Tidak banyak perbedaan antara kedua video musik ini, tapi kisah rahasia dibalik terciptanya lagu Uptown Girl ternyata cukup unik dan menggemaskan ya! Nah, bila kalian penasaran seperti apa versi asli Uptown Girl, yuk lihat video musik dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here