Berfungsi sebagai organ paling penting di dalam tubuh, ginjal sangat butuh perhatian agar tetap terjaga dan sehat agar terus dapat berfungsi dengan baik hingga masa tua mendatang.

Dengan tidak melakukan kebiasaan yang dapat merusak ginjal, kamu juga bisa menjaga kesehatan ginjal lewat pilihan makanan yang dikonsumsi. Agar tetap sehat, 6 makanan terbaik ini bisa kamu konsumsi lho;

  1. Ikan yang Banyak Mengandung Asam Lemak Omega-3.

Mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu ginjal agar ternutrisi dengan baik. Ikan yang baik dikonsumsi untuk ginjal adalah ikan salmon, kakap, sarden, dan tuna. Jangan khawatir, kamu yang nggak suka makan ikan bisa menggantinya dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

  1.  Apel.

Apel termasuk buah yang kandungan kaliumnya rendah sehingga aman untuk ginjal. Selain itu, apel juga mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Apel segar juga merupakan sumber vitamin C, yang berfungsi sebagai antioksidan. Sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk cuci bersih kulit apel dengan air ya!

  1. Putih Telur.

Makanan ini juga jadi pilihan makanan sehat untuk menjaga ginjal, karena putih telur mengandung protein yang rendah kandungan fosfor.

  1.  Bawang Putih.

Bawang juga ampuh jaga kesehatan ginjal karena mengandung keratin yang berperan mengurangi kerusakan sel dalam jaringan ginjal.

  1. Kol dan Paprika.

Sayuran seperti kol dan paprika memiliki kadar kalium yang rendah dan mengandung vitamin C, juga berbagai antioksidan lain yang baik untuk ginjal dan ampuh menangkal radikal bebas.

  1.  Stroberi.

Stroberi adalah sumber antioksidan, vitamin C, mangan, dan serat yang tinggi. Stroberi memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker dan merupakan pilihan tepat untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Ada satu hal yang perlu kamu ingat selalu, selain rutin mengonsumsi semua makanan di atas, kamu juga harus rajin minum air putih 8 gelas setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here