Mendengar kata Spongebob Squarepants hal yang pertama kali terlintas dibenak pikiran ialah sosok berwarna kuning dengan wujud kotak yang sedikit menyebalkan. Namun, dibalik sosok kotak kuning tersebut terdapat sebuah nama besar yang berhasil memproduksinya. Nama tersebut adalah Nickelodeon.

Nickelodeon merupakan salah satu saluran televisi kenaaman yang sangat populer di seluruh dunia. Saluran televisi yang fokus dengan serial kartun ini mulai menjajaki di dunia televisi pada tahun 1977. Saat itu nama pertama untuk saluran ini adalah Pinwheel.

Pada saat itu program-program yang disajikan oleh Nickelodeon hanyalah berbasis di Amerika Serikat saja. Namun banyaknya permintaan dan peminat dari program yang tayang tersebut membuat Nickelodeon akhirnya mengembangkan jaringannya hingga ke Asia Tenggara. Sebelum memasuki pasar Asia Tenggara, di tahun 1979 nama Pinwheel diubah menjadi Nickelodeon.

Rugrats

Nickelodeon pun mulai memproduksi beragam program animasi untuk para penonton. Saat itu program pertama milik Nickelodeon tayang pada tahun 1991 dengan judul Doug. Selang beberapa waktu, program Rugrats dan Ren & Stimpty juga mewarnai tv kabel Nickelodeon. Program tersebut pun boming di pasaran, namun Ren & Stimpty terpaksa memberhentikan programnya di tahun 1996.

Selain sukses dengan program penayangan Rugrats, Nickelodeon pun meluncurkan serial animasi terbaru berjudul Hey Arnold!, The Angry Beavers, CatDog, Rocket Power dan juga Wow! Wow! Wubbzy!. Kesuksesan kartun Hey Arnold! Pun sekali tiga uang dengan program Rugrats, kartun yang menceritakan tentang kehidupan para bayi.

Hey Arnold!

Sayangnya judul-judul diatas tidak mampu bertahan lama. Nickelodeon pun memutuskan untuk menayangkan program terbaru mulai dari The Adventure of Jimmy Neutron Boy Genius, The Fairly OddParents, Avatar: The Last Airbender dan juga Spongebob Squarepants. Diantara judul-judul tersebut hanya Spongebob Squarepants yang menjadi idola dan bertahan hingga saat ini.

Spongebob Squarepants

Terlepas dari kesuksesan Spongebob Squarepants, Nickelodeon juga tergolong rajin mengeluarkan program terbarunya untuk memuaskan hati para penggemar. Salah satu program yang ditawarkan adalah Chalkzone, Danny Phantom dan juga pembuatan program Teenage Mutant Ninja Turtles. Pengembangan atas program Teenage Mutant Ninja Turtle ini terjadi setelah Nickelodeon mendapatkan keseluruhan total royalti.

Pencapaian Nickelodeon tidak berhenti sampai disitu saja, pembelian atas hak penayangan tokoh superhero warna-warni, yakni Power Rangers pun menambah nilai untuk Nickelodeon. Keberadaan kartun-kartun program dari Nickelodeon di Indonesia sendiri kerap kali berpindah-pindah stasiun televisi. Mulai dari ANTV, TV One hingga sekarang menetap di GTV. Serial kartun mana yang menjadi favorit mu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here