Setelah  tujuh tahun berkarya, Noah akhirnya merilis album kedua bertajuk “Keterkaitan Keterikatan”. Proses pembuatan album kedua Noah kali ini memakan waktu sampai 3 tahun. Perjalanan album Keterkaitan Keterikatan dimulai pada tahun 2017. Ariel, David dan Lukman tak menampik adanya kesulitan menggarap 8 lagu di album tersebut. Bahkan salah satu single andalan, “Wanitaku” baru rampung pengerjaannya dalam waktu dua tahun.

“Wah bukan buntu lagi sih, butek kayanya. Karena kita nggak ingin membuat sesuatu yang sama kayak yang udah pernah kita buat. Dua lagu sengaja kita bocorin tanpa ada promosi karena Sahabat Noah udah nanyain terus, kapan lagu baru, kapan album baru. Dan sekarang alhamdulillah udah bisa didengerin sama semuanya.” Ungkap Ariel di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Penampilan Noah Membawakan Lagu Wanitaku di Media Gathering.

Kesulitan dalam pembuatan album kedua kali ini mengharuskan para personil Noah lebih berjuang hingga rampung. Sampai-sampai Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise. Selama 7 hari Noah dikarantina di kapal Phinisi Cheng Ho untuk melakukan kegiatan rekaman, latihan, hingga proses kreatif album kedua.

Perjalanan di atas kapal Phinisi sempat diwarnai adanya gangguan cuaca dan ombak besar sampai membuat alat rekaman mereka berserakan. Namun, tantangan tersebut tidak menghalangi Noah untuk tetap fokus menyelesaikan album kedua. Tak hanya membuat lagu sendiri bersama personil lain, Noah pun mengajak beberapa musisi dan penulis buku untuk berkolaborasi.

Seperti Marcella FP penulis buku Generasi 90an dan Aan Mansyur penulis buku Ketika Api Bekerja. “Mulai ngerasain kekurangan kosakata saat menulis lirik. Dulu lagi ngobrol-ngobrol seperti ini bisa langsung dapat ide. Sekarang kosakata yang agak habis karena sebisa mungkin tidak mengulangi ide yang pernah dikeluarkan.” Ujar Ariel.

Presscon Album Kedua Noah yang Bertajuk Keterkaitan Keterikatan.

Dan di salah satu lagu di album kedua yang berjudul “Kupeluk Hatimu” ada 5 orang yang menulis liriknya. Yakni Ariel, David, Noe Letto, Marchella FP, dan Aan Mansyur. “Mungkin bisa selesai sendiri, tapi kita bikin sesuatu yang enggak sama. Sentuhan dari musisi lain memberikan warna yang berbeda,” Lanjut Ariel.

Perjalanan panjang yang membutuhkan perjuangan kini sudah berhasil berlabuh. Lagu-lagu dan video klip lagu Wanitaku dan Kupeluk Hatimu sudah bisa dinikmati di berbagai platform dan juga youtube. Sungguh kisah yang tak sebentar namun mampu menciptakan hasil yang menggelegar, congrats NOAH!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here