Es Gabus atau yang juga biasa di sebut Es Hunkwe sangat tenar di jaman sekolah dasar para generasi kelahiran 80-an dan 90-an. Biasanya es gabus dijual di sekitaran sekolah dan di bungkus menggunakan plastik dan dipotong berbentuk kotak.

Apakah kamu masih ingat dengan es gabus ini? Di jaman sekarang ini es gabus memang sudah susah ditemui lagi keberadaannya, es gabus terbuat dari bahan tepung hunkwe dan campuran gula dan santan yang dibekukan. Biasanya es ini diberi pewarna makanan dan disusun sehingga membentuk es dengan potongan berwarna warni seperti pelangi.

Mari sejenak kita nostalgia dengan rasa es gabus yang lembut dan mudah dikunyah, seolah kita berasa sedang memakan gabus atau stereofoam dingin. Es gabus termasuk ke dalam jajanan jadul yang kini sudah mulai punah, walaupun masih bisa dibuat sendiri di rumah.

Es gabus ini mudah dibuat karena campuran tepung hunkwe, santan, gula, garam, perasa makanan dan perwarna makanan dimasukkan jadi satu kedalam sebuah wadah. Kemudian semua bahan yang sudah tercampur di dalam satu wadah diaduk lalu dipanaskan hingga mendidih dan mengental.

Setelah itu kamu bisa memindahkannya ke dalam loyang yang sudah dibasahi dengan air dan siap untuk di dinginkan. Kemudian jika sudah dingin adonan dipotong kecil-kecil, lalu dibalut dengan plastik tipis dan dibekukan didalam freezer minimal 2 jam.

Bagaimana? Membayangkan tekstur dan rasanya jadi bikin kamu kangen dengan masa-masa dulu saat sekolah dasar nggak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here