Kawasan Blok M, Jakarta Selatan merupakan salah satu kawasan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Jakarta. Bahkan jika malam sudah tiba, kawasan Blok M akan tetap padat dan ramai oleh hilir mudik muda-mudi, yang dengan sengaja singgah untuk mencicipi makanan murah bernama gultik.

Gultik atau gulai tikungan merupakan salah satu makanan dengan harga murah namun memiliki cita rasa yang lezat. Sajian ini tersebar di kawasan BlokM, tepatnya di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan. Para penjual gultik ini biasanya mulai meramaikan trotoar dan pinggiran jalan mulai pukul 17:00 hingga dini hari.

Tak heran jika banyak muda-mudi yang gemar sekali nongkrong di kawasan Mahakam, Blok M. Tentu saja hal ini bukanlah hal baru yang ditemui di kawasan tersebut. Gultik sendiri mulai hadir sejak tahun 1980-an, sehingga bagi generasi 80 hingga 90-an makanan ini sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Pedagang yang menjual gultik ini biasanya menggunakan pikulan yang kemudian mangkal mulai dari jalan dibelakang Blok M Plaza hingga mendekati Taman Barito. Bukan hanya menggunakan pikulan saja, air santan yang digunakan sebagai kuah gulai ini rata-rata ditambung dalam kendi yang terbuat dari tanah liat.

Sama halnya seperti gulai kebanyakan, gultik merupakan kudapan daging sapi yang dicampur dengan berbagai macam isi. Mulai dari jeroan sapi yang dipotong kecil-kecil hingga lemak sapi yang dicampur dengan irisan daging sapi. Perbedaan yang paling terasa dari gultik dibanding dengan gulai lainnya terletak pada kuah yang disajikan. Dimana kuah gultik lebih encer dibanding gulai pada umumnya.

Memiliki potongan yang kecil, tak jarang membuat pelanggan berasumsi dan menamai gulai tikungan dengan nama nyeleneh, yaitu gulai tikus. Meski pun dinamai dengan nama aneh tersebut, hal ini tidak membuat reputasi gultik redup dan kehilangan para pelanggan.

Saat ini gultik juga bukan hanya sekedar menjual gulai daging sapi saja. Sudah tersedia menu tambahan baru berupa aneka ragam satai sebagai pelengkap sajian gultik. Untuk mencicipi sepiring gultik dengan kerupuk andalannya kira-kira Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp10,000 hingga jumlah yang tak terduga lantaran Anda akan dipastikan untuk terus menambah porsi.

Maka bagi tamu wisatawan atau bagi Anda yang sedang berlibur ke Jakarta, jangan heran dengan ramainya kawasan Blok M pada malam hari ini ya. Kapan lagi mencicipi gulai daging sapi dengan harga murah dan suasana malam Jakarta?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here