Yang namanya dunia sekolah tentu identik dengan kegiatan studi wisata, atau bahasa lainnya disebut karyawisata. Diantara zamannya karyawisata, periode karyawisata saat berada di SD (Sekolah Dasar) menjadi sesuatu yang spesial. Mengapa begitu? Persisnya di usia SD-lah kita mulai mengenal karyawisata yang menjurus ke mata pelajaran, hampir dipastikan setiap kita menyambangi destinasi, maka kemudian bapak/ibu guru akan melanjutkan dengan pembagian tugas.

Karena masih dalam tahap perkenalan jalan-jalan sambil belajar, umumnya karyawisata SD tak dilakukan untuk jarak jauh. Atas pertimbangan daya tahan dan kesehatan anak usia SD, pilihan destinasi karyawisata dikhususkan di sekitaran wilayah kota. Museum adalah peringkat nomer satu yang disasar setiap warga SD. Berikut adalah lima lokasi favorit karyawisata versi Kabarsidia.com. Sudah pas kah dengan pilihan Anda? Yuk simak.

  1. Monas

Monumen Nasional atau yang akrab dikenal dengan Monas terletak di Gambir, Jakarta Pusat. Monas dijadikan salah satu tempat karyawisata karena dinilai sebagai ikonnya dari kota Jakarta. Jika turis berkunjung ke Jakarta, lokasi pertama yang ditawarkan adalah Monas. Bangunan Monas ini memiliki ketinggian hingga 132 meter, yang artinya kalian bisa naik ke atas untuk melihat keindahan kota Jakarta.

Selain dapat menikmati keindahan kota Jakarta dari atas Monas, kalian juga bisa melihat bagaimana Jakarta dari masa penjajahan hingga pada zaman order baru yang diabadikan di Museum Sejarah Nasional Indonesia. Letaknya terdapat di lantai dasar bangunan Monas. Selain dapat melihat foto sejarah Indonesia, kalian juga bisa melihat bukti-bukti sejarah seperti bendera merah putih, teks proklamasi, hingga teks proklamasi yang terukir di dinding.

Pada bagian luar dari Monumen Monas, kalian juga bisa berkeliling disepanjang luasnya Monas hingga menemukan Relief Sejarah Indonesia. Dibagian ini, kalian akan menikmati keindahan dari ukiran batu-batu yang membentuk patung dengan menggambarkan perjuangan warga negara Indonesia saat melawan penjajah hingga meraih kemerdekaan. Kawasan Monas dibuka mulai pukul 08:00 hingga pukul 15:00.

  1. Planetarium

Jika kamu sempat menonton film ‘Sherina oh Sherina’ tentu kenal dengan bangunan yang berbentuk seperti bola. Yap betul banget ini adalah Planetarium. Disini kalian bisa mempelajari tentang rasi bintang hingga planet-planet selain bumi loh. Jadi kalau kamu mau tau bentuk dari planet saturnus atau bintang vega mampir aja ke Planetarium Jakarta.

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Wah jalan-jalan keliling Indonesia dengan biaya murah cuma di Taman Mini jawabannya. Salah satu tempat karyawisata milik keluarga Soeharto ini menjadi salah satu destinasi karyawisata yang sering dikunjungi loh. Disini kalian akan belajar dan mengetahui bagaimana bentuk-bentuk rumah adat, pakaian hingga pulau-pulau kecil yang menggambarkan peta Indonesia.

Selain itu, disini kalian juga bisa menikmati wisata kereta gantung yang akan membawa kalian menuju ketinggian yang menampilkan pulau-pulau buatan dari seluruh pulau di Indonesia. Oh ya biasanya nih suka ada abang-abang yang jualan es krim, dulu sih yang terkenal itu es krim woody. Masih ingat nggak?

  1. Museum Satria Mandala

Ini dia salah satu museum yang berbeda dari museum-museum lainnya. Pasalnya di Museum Satria Mandala bukan lagi disugukan dengan rumah adat khas TMII atau teks proklamasi seperti di Monas. Disini kalian bisa mendapat pelajaran dan pengetahuan baru tentang sejarah perjuangan tentara nasional Indonesia. Terletak di Jalan Gatot Subroto, tepat dipinggir jalan tol membuat Museum Satria Mandala sangat mudah untuk ditemui.

Museum Satria Mandala berisikan bukti-bukti dari persenjataan perang serta kendaraan-kendaraan perang yang saat itu digunakan oleh para pahlawan Indonesia loh. Kalian juga bisa melihat bagaimana bentuk dari rudal, tank, meriam, helikopter hingga pesawat terbang semasa perjuangan Indonesia melawan penjajah. Dari pada penasaran buruan deh mampir kesini.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Bergesar sedikit ke arah selatan, terdapat salah satu kebun binatang yang melegenda, tempat itu adalah Ragunan. Di kebun binatang Ragunan ini kalian bisa melihat hewan-hewan mulai dari unggas, mamalia hingga reptil loh. Mungkin kalian akan sedikit kelelahan karena kawasan Ragunan ini sangat luas yakni mencapai 140 hektar. Bisa dibayangkan dong bagaimana lelahnya mengelilingi Ragunan? Tapi tenang saja semua rasa lelah itu akan terbayar dengan keseruan kalian saat melihat berbagai macam hewan disana.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here