The Six Million Dollar Man adalah sebuah film seri yang diproduksi pada tahun 1974 yang berdurasi 60 menit dan telah dibuat sebanyak 108 episode. Serial ini menceritakan tentang mantan astronot yang memiliki kekuatan manusia super karena implan bionik dan dipekerjakan sebagai agen rahasia oleh kantor pemerintah Amerika Serikat.

Baca juga: Serial TV CHiPS, Aksi Duo Polisi PJR Penuh Kenangan

Tokoh manusia super di dalam film The Six Million Dollar Man diperankan oleh aktor asal Amerika Lee Majors, yang berperan sebagai tokoh Kolonel Steve Austin. Lalu ada juga tokoh Oscar Goldman dalam film The Six Million Dollar Man yang diperankan oleh aktor lawas Richard Anderson.

Film fiksi ini sempat berjaya di era 70-an, khususnya saat ditayangkan di TVRI menjelang tengah malam selepas acara Dunia Dalam Berita TVRI pukul 21:00 WIB, terkadang pun film The Six Million Dollar Man benar-benar diputar tengah malam setelah acara Berita TVRI jam 23:00 WIB. Karena film The Six Million Dollar Man termasuk film yang cukup jadul karena sempat ditayangkan di TVRI pada tahun 70-an membuat kita kembali ke masa lalu saat sedang menyaksikan film seri tersebut.

The Six Million Dollar mampu membawa ingatan kita kembali pada era tersebut, ketika kita berimajinasi ingin menjadi seperti tokoh manusia super dalam film The Six Million Dollar. Film ini memiliki adegan yang khas dan bisa membuat orang langsung ingat dengan film The Six Million Dollar Man. Hayo.. menurut kalian adegan apa yang menjadi khas film seri tersebut? Buat kalian yang menjawab ‘gaya berlari dengan efek slow motion’ selamat! Kalian benar-benar menjadi penggemar film serial ini.

Gaya berlari yang ditampilkan dengan efek slow motion membuat The Six Million Dollar Man menjadi film seri yang mudah diingat. Apalagi setelah penayangannya di TVRI, film ini menginspirasi Warkop DKI dan sutradara Ali Shahab untuk membuat remake film The Six Million Dollar Man dengan kemasan parodi khas Warkop DKI. Mereka membuat film serial tersebut dengan judul asli yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia, yaitu Manusia Enam Juta Dollar. Lewat banyolan-banyolan dan beberapa adegan slow motion membuat Warkop DKI berhasil mendaur ulang film action fiksi ini menjadi film komedi yang lucu.

Namun sayangnya, film The Six Million Dollar Man benar-benar hanya bisa dikenang saja, pada masa kejayaannya ketika ditayangkan di TVRI. Pada tahun 2017 silam kabar duka menyelimuti The Six Million Dollar, aktor lawas Richard Anderson yang dikenal khalayak ramai sebagai aktor yang memerankan Oscar Goldman meninggal dunia di usia yang sangat senja, 91 Tahun. Richard Anderson dikabarkan meninggal dunia karena faktor usia, Ia meninggal dunia disisi keluarganya di Beverly Hills.

Meski hanya masa kejayaannya saja yang masih bisa dikenang sampai sekarang, film seri The Six Million Dollar tetap mempunyai penggemar setia dari dulu sampai sekarang. Buat kalian yang ingin bernostalgia ke masa The Six Million Dollar Man di tahun 70-an, bisa klik link video di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here