Siapa yang masih ingat dengan boneka dakocan? Itu lho… boneka kecil berwarna hitam yang ngetop di tahun 60 – 80 an, bahkan sampai ada lagu tentang dakocan yang dinyanyiin sama penyanyi cilik Leony dan Enno Lerian.

Pada awalnya, boneka dakocan diproduksi oleh Takara Vinyl di Yokohama, Jepang. Dikenal di negara asalnya dengan sebutan Dakko-chan, mainan ini mulai dijual di Jepang pada tahun 1960. Bentuk boneka dakocan sangatlah lucu dan menggemaskan, bentuknya kecil dengan Kedua belah tangan boneka membentuk lingkaran seperti sedang memeluk, bagaikan koala sedang memeluk pohon. Dakocan bisa dipasang di lengan seperti sedang memeluk pemiliknya.

Boneka Dakocan Menempel di Tangan Seorang Gadis di Jepang

Dakocan mulai di pasarkan di Jepang pada tahun 1960-an dan langsung laris di kalangan anak-anak dan perempuan muda. Mereka yang membeli boneka dakocan biasanya langsung memasang boneka ini di lengan sewaktu mereka berjalan-jalan. Saking banyaknya peminat boneka dakocan pada saat itu, semua toko mainan dan toko serba ada kehabisan stok dan pabrik tidak mampu memenuhi pesanan.

Boneka Dakocan

Hingga akhir tahun 1960, boneka dakocan terjual lebih dari dua juta empat ratus buah. Boneka dakocan memang sangat fenomenal di era-nya, seolah ini menjadi mainan wajib yang dimiliki anak-anak generasi 60-an dan 80-an. Saking fenomenalnya, boneka dakocan sampai dijadikan lagu dan dinyanyikan oleh penyanyi cilik Leony dan Enno Lerian.

Kalau lagu dakocan milik Leony berjudul Dakocan, sedangkan lagu dakocan milik Enno Lerian berjudul Si Dakocan. Sampai akhirnya boneka dakocan tak hanya terkenal di negaranya, Jepang. Tapi juga populer dan banyak di minati di Indonesia. Salah satunya kamu. Pasti kamu punya boneka dakocan kan semasa kecil dulu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here