Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dan menjadi salah satu mahkota bagi para kaum hawa. Pentingnya rambut di tubuh, tak jarang banyak sekali orang-orang yang rela mengeluarkan budget yang tak sedikit untuk merawatnya.

Baca juga:Tips Agar Tetap Cantik di Usia Senja Ala Nicole Kidman

Tapi jangan sampai salah dalam melakukan perawatan pada rambut loh. Kenapa? Karena jika kamu salah melakukan perawatan pada rambut, dapat menimbulkan atau menumbuhkan rambut berwarna putih atau biasa dikenal dengan uban.

Ga mau dong kalau rambut indah kamu ternyata tumbuh uban disaat waktu yang tidak tepat? Nah buat mencegah rambut agar tidak cepat tumbuh uban, tim kabarsidia punya beberapa tips sederhana nan murah meriah nih buat kamu. Penasaran gimana cara merawat rambut agar tak tumbuh uban? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

  1. Minyak Kemiri

Salah satu bahan yang bisa membuat rambut kamu kembali hitam ialah dengan menggunakan minyak kemiri. Memang, sebagian orang menggunakan minyak kemiri atau bahkan kemiri untuk menumbuhkan rambut atau mempertebal alis. Namun, minyak kemiri juga bisa membantu mengatasi rambut beruban loh.

Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu kemiri tersebut, kemudian haluskan hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu oleskan ke rambut kamu, diamkan kurang lebih 15 menit. Barulah kamu bilas dengan air bersih dan keringkan. Lakukan hal ini secara rutin dan terus menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Teh Hitam

Kandungan pewarna alami yang dimiliki oleh teh hitam ternyata sangat bermanfaat dan dapat membantu memulihkan warna rambut kamu kembali berkilau loh. Jika kamu merasa kurang percaya diri karena rambut kamu ditumbuhi dengan uban, coba deh kamu keramas dengan teh hitam.

Caranya cukup mudah, dengan merebus teh hitam dengan air panas tanpa campuran apapun termasuk gula. Kemudian tunggu teh hitam hingga dingin, setelah dingin mulailah keramas dengan menggunakan teh hitam ke seluruh area rambut hingga kulit kepala. Setelah merata diamkan sejenak kurang lebih satu jam. Jika sudah menyerap, barulah kamu bilas dan keramas dengan menggunakan shampo hingga bersih.

  1. Jahe

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, jahe juga bermanfaat bagi rambut loh. Kandungan yang dimiliki oleh jahe bahkan bisa mengatasi rambut dari berbagai masalah, seperti ketombe, hingga menghitamkan rambut.

Cukup dengan memarut jahe yang sebelumnya sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan madu atau susu. Setelah tercampur rata, oleskan pada seluruh bagian rambut hingga merata. Berikan pijatan kecil dan ringan untuk membuat tubuh kamu rileks, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu bilas dengan air bersih dan shampo untuk menghilangkan aroma jahe yang melekat pada rambut kamu.

Dari bahan-bahan sederhana diatas yang sudah diberikan oleh tim kabarsidia, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu hindari untuk terjadinya pertumbuhan uban di rambut indah kamu dong. Lalu apa saja sih yang harus kamu hindari agar rambut hitam berkilau kamu tidak cepat tumbuh uban? Simak penjelasannya dibawah ini:

  1. Berhenti merokok

Salah satu kebiasaan yang mungkin akan sulit ditinggalkan ialah merokok. Namun taukah kamu sobat kabarsidia, bahwa merokok itu bisa menyebabkan penuan dini, termasuk kerusakan pada rambut kamu loh.

Dengan kebiasaan merokok inilah yang akan menyebabkan pigmen pada rambut hilang, sehingga timbulah helai rambut yang berwarna putih. Ga mau dong rambut hitam berkilau kamu jadi ga sehat dan tumbuh uban? Yuk mulai kurangi merokok dan jauhi diri kamu dari bahan yang mengandung nikotin tersebut.

  1. Kelola Stres

Faktor stres juga sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan juga rambut kamu loh. Rasa stres dan tertekan yang kamu alami, bisa membuat rambut perlahan-lahan berubah menjadi abu-abu dan lama kelamaan menjadi putih. Cobalah kurangi stres dengan melakukan berbagai macam kegiatan positif, seperti berolahraga, nonton film, atau melakukan berbagai kegiatan yang membuat suasana hati kamu senang.

  1. Kekurangan vitamin

Jangan sepelekan kesehatan rambut kamu dengan tidak rajin mengkonsumsi vitamin yang baik bagi rambut. Karena jika rambut kekurangan vitamin C dan E, perlahan warna rambut kamu akan memudar dan berubah menjadi putih beruban. Kekurangan dua vitamin tersebut akan menyebabkan rambut kamu menghasilkan melanin yang merusak warna rambut. Ga mau kan tumbuh uban di rambut kamu?

  1. Penuhi Nutrisi Yang Cukup

Selain kekurangan vitamin C dan E, faktor kekurangan nutrisi juga akan beresiko pada kesehatan rambut kamu loh. Untuk itu kamu perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung B12, vitamin B9, zink dan tembaga. Apa saja sih makanan yang mengandung hal-hal tersebut? Jangan takut kamu bisa mulai mengkonsumsi telur, almond, sawi hijau, kerang, kacang mete, dan makanan lainnya yang mengandung nutrisi.

Bagaimana dengan ringkasan tips dan penyebab ubanan diatas? Semoga bermanfaat bagi kamu yang membaca artikel ini ya. Cintailah rambut kamu seperti kamu mencintai pasangan kamu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here