Industri perfilman Indonesia pada era 80-an sempat di warnai dengan kehadiran serial drama Jepang dengan alur cerita yang mengharukan, serial drama tersebut ialah Oshin. Serial drama yang berasal dari Jepang ini sempat tayang di TVRI dengan 297 episode dengan durasi tayang selama 15 menit per episodenya.

Baca juga: “Jendela Rumah Kita,” Sinetron yang Lambungkan Nama Dede Yusuf dan Desy Ratnasari

Oshin merupakan serial drama yang dibuat oleh NHK Jepang pada tahun 1983. Berkisah tentang perjuangan seorang gadis cilik bernama Shin Tanokura, yang hidup pada era Meiji hingga awal 1980-an. Gadis kecil ini pun harus berjuang melawan kehidupan yang keras, dan harus berusaha untuk menghidupi kebutuhannya serta demi mewujudkan cita-citanya.  Kisah perjuangan gadis kecil ini pun sukses membuat haru, dan menjadi drama Jepang tersukses di 59 negara.

Sosok dibalik pemeran Shin Tanokura (Oshin) kecil ialah Ayako Kobayashi. Berkat kepiawaian aktingnya memerankan gadis kecil yang menderita inilah nama Ayako mulai dikenal oleh publik. Secara tidak langsung, serial drama Jepang ini juga mengangkat nama Ayako kedalam deretan artis cilik berbakat. Saat memerankan tokoh Oshin, Ayako baru berusia 10 tahun.

Pada episode pertama penayangan drama Jepang Oshin ini, penoton sudah disuguhi dengan kisah malang Oshin yang bekerja saat usianya masih 8 tahun. Ia harus bekerja mulai dari menyapu, mengepel, hingga mengumpulkan butiran-butiran beras yang akan digunakannya untuk memasak dan makan sehari-hari bersama kedua orang tuanya.

Penayangan serial drama Jepang Oshin ini tayang di TVRI setiap pukul 17:30 WIB, saat itu penayangannya dimulai pada tahun 1986 hingga 1989. Sejak tayang di TVRI, serial drama Oshin ini pun ditayangkan berkali-kali hingga tahun 2009. Salah satu stasiun televisi yang juga turut menayangkan serial drama Oshin ini adalah Metro TV. Serial drama Jepang ini sempat tayang kembali di TVRI pada 15 September 2018 lalu.

Fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh penggemar Oshin adalah kisah ini berdasarkan kisah nyata dari Kazou Wada. Ia merupakan sosok pendiri dari Yoahan sebuah bisnis supermarket di Jepang. Supermarket yang didirikannya ini pun mengalami kesuksesan pada era 90-an, dengan total outlet mencapai 450 di 16 negara. Namun sayang, usaha bisnis supermarketnya ini harus mengalami kebangkrutan dan harus dijual. Kebangkrutan dari Yoahan merupakan kebangkrutan terbesar dalam dunia bisnis retail Jepang pasca perang dunia II.

Baca juga: Serial ACI (Aku Cinta Indonesia) TVRI, Kenangan Persahabatan 3 Sekawan

Jika kembali mengingat kisah perjalanan Oshin pada serial ini, banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dan dijadikan teladan, salah satunya adalah kegigihan dan usaha kerasnya demi meraih kesuksesan. Kisah sederhana gadis kecil yang akhirnya berhasil meraih kesuksesannya dengan usaha keras ini patut dijadikan contoh, agar kita bisa lebih bersemangat dan bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan. Pantang menyerah dan selalu berusaha, dia adalah Oshin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here