“…dengan catataaann…gak janji deeehh”, kalimat yang akrab buat generasi 80’an ini nge-hits karena munculnya film nasional “Catatan Si Boy” tahun 1987.Film ikonik anak muda dijamannya ini, punya segudang cerita gejolak kawula muda plus kisah percintaan antara mereka, didukung soundtrack filmnya yang punya tema berjiwa muda, emosi, kasmaran, sampe tingkah laku baik yang jadi panutan untuk anak muda waktu itu.

Masih inget gak sama lagu-lagu Ost. film keren itu? Naah…kalo mau nge-refresh sedikit memori kita sama Ost. film CaBo 1 dan 2 dulu, yuuuk laah…nostalgiaan bareng…

SOUNDTRACK  CATATAN SI BOY 1

“Catatan Si Boy” merupakan salah satu ikon perfilman Indonesia yang paling sukses diera 80-an. Filmnya menjadi box office sampai dibikin 5 seri. Album soundtracknya pun menjadi fenomena di industri musik Indonesia dan terjual hingga puluhan ribu kopi.

Album soundtrack CaBo seri 1 ini digarap oleh musisi Dodo Zakaria dan Harry Sabar. Menampilkan sederet penyanyi-penyanyi beken dijamannya. Ikang Fawzi, Dian Pramana Poetra, Dian Mayasari, Titi DJ, Lydia Noorsaid, Ahmad Albar bahkan ada nama Gideon Tengker (ayah Nagita Slavina – istri Raffi Ahmad) ikut andil mengisi Ost. CaBo yang dirilis pada tahun 1987.

Film CaBo 1 sempat diberi judul lain yaitu “Kugadaikan Cintaku”, berjudul sama dengan lagu fenomenal ciptaan Gombloh, karena karakter Mas Boy dianggap tidak populer untuk penonton di luar Jakarta saat itu. Lagu “Kugadaikan Cintaku” sendiri tidak dimasukkan ke album soundtracknya namun Gombloh turut tampil di film sebagai cameo sambil menyanyikan lagu tersebut.

“Diradioo…aku dengar, lagu kesayanganmu…ku telefon kerumahmu…sedang apa sayangku ku harap engkau mendengar…dan katakan rindu…” weetts..masih pada hafal kaan..?

Theme Song “Catatan Si Boy” yang dinyanyikan Ikang Fawzi menjadi lagu paling dikenal sampai sekarang. Liriknya emang ngegambarin sosok “Mas Boy” banget kali yaa….., cermin idola anak muda 80-an gitu deh.

“Siapa tak kenal dia…Boy anak orang kaya…punya teman segudang, karna pergaulannya…, baik budi dan tidak sombong, jagoan lagipula pintar…ooh Boy…cermin anak mudaa…kehidupannya…tak kenal frustasi…tiada rumus gengsi, hatinya pun bersih…Boy…Boy..si Boy”

Single lainnya di album ini juga gak kalah nendangnya berjudul “Cinta Itu Terbuka”, “Tapi Mungkinkah?”, “Pesta Pora” dan “Kalau”…sama okenya dengan lagu “Catatan Si Boy”nya Ikang Fawzi. Menurut Indolawablogspot.com lagu “Kutaklukan Dunia” yang dibawakan Gideon Tengker malahan dikemudian hari dirilis ulang oleh band terkenal asal Malaysia “SEARCH”.

Nah, untuk bikin nostalgianya makin lengkap, dengarkan beberapa lagu dari Ost. CaBo 1 dibawah ini, dijamin langsung balik ke masa lalu deh…

Catatan Si Boy, Cinta Itu Terbuka, Tapi Mungkinkah, Kalau ©1987 Team Records

Track List

  1. Catatan Si Boy – Ikang Fawzy
  2. Cinta Itu Terbuka – Dian Pramana Poetra & Dian Mayasari
  3. Tapi Mungkinkah – Titi DJ
  4. Manakala – Achmad Albar
  5. Enggak Tahu – Arranged by Dodo Zakaria (Instrumental)
  6. Sebuah Catatan – Neni Alfiani
  7. Kalau – Ria Prawiro
  8. Kejar Apa – Henry Restoe
  9. Kutaklukan Dunia – Gideon Tengker
  10. Pesta Pora – Lydia Noorsaid

SOUNDTRACK  CATATAN SI BOY 2

Dari  semua soundtrack film seri CaBo, yang bisa dibilang paling sukses adalah Ost. Cabo 2. Lagu-lagu yang ada di album ini semuanya masuk kedalam deretan top chart tangga lagu di radio Indonesia. Penyanyi dan komposer yang terlibat dalam album Ost. CaBo 2 ini emang OK banget. Kesuksesannya tidak bisa lepas karena tangan dingin Harry Sabar. Semua lagu dalam album ini adalah hasil garapan Harry Sabar. Gak bisa disangkal, kalau album yang dirilis ditahun 1988 ini menjadi masterpiece-nya Harry Sabar.

Lagu pertama di album ini berjudul “Emosi Jiwa” yang dinyanyiin duet Yana Julio dan Lita Zein. Lagu yang langsung meroket ini melambungkan nama duet Yana dan Lita ke kancah musik Indonesia. Lagu ini menjadi favorit para oldies di radio-radio saat itu. Entah itu karena pengaruh dari memori filmnya atau bukan, tapi yang pasti sampai sekarang lagunya emang masih enak banget didengar, irama yang romantis slow bikin hanyut suasana. Kalo inget Video klipnya, Boy & Verra lagi nge-date ke Dufan main wahana ontang anting.

” dengarlah maniis…kasih tersayang…ungkapan rasa hatiku, kaulah api membara…yang membakar cinta, padamu seorang…”

Lagu ke 2 “Boy, I Love You”, irama dan liriknya juga masih nempel di memori. Berbeda dengan lagu pertama di album ini, second track berirama lebih nge-beat, tapi tetep liriknya masih bertema kasmaran. “Cerita Asmara”, “Engkaulah Satu”, “Biarkan Cinta Mekar Berbunga” , dan “Bias” masih bertema tentang jatuh cinta. Sedangkan iramanya juga bikin kita karaoke sendirian sampe merem-merem saking semua aspek nostalgia nge-blend jadi satu.

Gak nyesel sama sekali beli kaset album soundtrack film CaBo 2 ini, dari awal sampai habis, lagu side A dan B…..kereennya non stop cuuyy….! Kita akan sambung lagi di Ost. Catatan Si Boy 3 dan 4.

Sekarang dengerin dulu deh beberapa lagu dari Ost. Cabo 2 dibawah ini.

Emosi Jiwa, Cerita Asmara, Boy I Love You, Engkaulah Satu ©1988 Team Records

Track List

  1. Emosi Jiwa – Yana & Lita
  2. Boy, I Love You – Fairuz
  3. Cerita Asmara – Erland Effendi
  4. Hello Sobat – Ayu Laksmi
  5. Biarkan Cinta Mekar Berbunga – Jimma Hariesda
  6. Bias – Ferina
  7. Engkaulah Satu – Amir Roes
  8. Alkisah Cinta – Irma June
  9. Manusia & Kehidupan – Renny Djayoesman
  10. It’s Finish – Sadhana Devi

Baca juga : Catatan Si Boy : Siapa Tak Kenal Dia?, Si Doel The Movie Cetak 2 Rekor MURI, Ricky : Nakalnya Anak Muda, Wiro Sableng : Jagoan Indonesia Siap Sableng Agustus di Bioskop, Sebelum Iblis Menjemput : Trailer, Doyok Otoy Ali Oncom : Trailer, Ost. Si Doel The Movie : Selamat Jalan Kekasih, Lagu Duet Indonesia 80-90an yang bikin dredeg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here