Nah..kita udah ngebahas Ost. Catatan Si Boy 1 dan 2, sekarang kita bakal kupas Ost. Catatan Si Boy 3 dan 4. Saat seri ke 3 ini beredar, seri film Catatan Si Boy sudah menjadi fenomena di perfilman nasional. Bintang utamanya, Onky Alexander menjadi ikon anak muda 80-90an yang ‘sempurna’, digandrungi tidak hanya oleh para cewek-cewek, kaum cowok pun berlomba-lomba bergaya ala mas Boy.

Soundtrack Catatan Si Boy 3

Coba inget-inget deh, dulu di mobil cowok-cowok pasti di kaca spion dalamnya tetiba tergantung tasbih, atau kelakuan para cowok-cowok yang gaya menyalakan rokoknya ala ala mas Boy.

Seri ke 3 ini dirilis ditahun 1989, yang konon kabarnya merupakan seri terlaris dari 5 seri film CaBo, secara banyak yang nilai bahwa garapannya seri ke 3 ini lebih maksimal. Dengan mengambil setting lokasi syuting tidak hanya di Jakarta aja, namun juga boyongan ke Hollywood demi memenuhi tuntutan skenario dimana di ceritakan Boy (Onky Alexander) meneruskan kuliahnya di Los Angeles. Meskipun kekuatan film ini sebenarnya bukan pada si Boy, tapi karena ada tokoh Emon (Didi Petet) yang makin heboh. Kehebohannya di Los Angeles (Emon bersama Vera menyusul mas Boy ke Los Angeles) membuat para penonton tertawa sampai sakit perut.

Untuk urusan soundtrack, album seri ketiga ini juga mencatat kesuksesan besarnya. Dengan Younky Soewarno sebagai music director di album soundtrack ini, lagu-lagu di album ini menyuguhkan lagu-lagu yang tidak hanya tematis, namun sekaligus mempunyai nilai komersil yang tinggi.

Single andalannya adalah lagu catchy berjudul “Terserah Boy” Atiek CB didaulat sebagai penyanyinya (Atiek sendiri muncul di opening tittle film ini). Lagu ciptaan Younky S. ini liriknya ditulis salah satu maestro lagu-lagu Indonesia, Deddy Dhukun.

Proses kreatif penciptaan lagunya cukup unik. Karena tidak bisa berjumpa langsung, Deddy Dhukun menelpon Younky, saat itu Younky menyanyikan melody lagu tersebut via telpon sementara di ujung telpon Deddy Dhukun menuliskan liriknya. Setelah selesai, barulah lagu itu diserahkan ke Atiek CB untuk di bawakannya.

Lagu ini jadi top hits radio-radio dalam negeri,  dan sempat  dibawakan oleh group vokal “AB THREE” diajang festival musik manca negara, dalam lirik bahasa Inggris berjudul “Get Into The Beat”. Hits lain dari album ini adalah “Shame On Me” – lagu berlirik bahasa Inggris yang menjadi top request di radio setelah lagu “Terserah Boy”-, “Sheila”, “Aku Jadi Nafsu” dan “Jangan Ada Prasangka”.

Kalo pada kangen dengerin lagunya Atiek CB dan Jacky dari Ost. CaBo 3, nih… bisa dengerin dibawah ini

[ai_playlist id=”2092″]

Track List Ost. Catatan Si Boy 3

  1. Shame On Me – Jacky
  2. Terserah Boy – Atiek CB
  3. Sheila – Agus Wisman
  4. Aku JAdi Nafsu – Rita Effendy
  5. St. Monica Beach – Youngky Soewarno (Instrumental)
  6. Ampun – Ismoyo
  7. Aku Suka Kau – Nana Noor
  8. Catatanmu – Ninies & Didi Bofa
  9. Jangan Ada Prasangka – Tetty Manurung & Ricky Poetiray
  10. Emon – Ubiet Raseuki

Soundtrack Catatan Si Boy 4

Di Seri ke 4 ini, Erwin Badudu didapuk menjadi music director-nya. Pencapaian komersial filmnya sendiri pun menurun dibanding seri-seri sebelumnya, dan kondisi ini ternyata berimbas kepada penjualan album soundtrack-nya yang dirilis tahun 1991.

Secara materi, lagu andalan album ini yaitu “Ambisiku Boy” emang kurang ‘nendang’ banget kalo dibandingin dengan soundtrack film CaBo 1, “Emosi Jiwa” di seri CaBo 2, atau “Terserah Boy” di CaBo 3. Single lain yang jadi andalan di seri CaBo 4 berjudul “Oke Oke Saja Boy”, juga belom bisa menembus pasar musik Indonesia, walaupun ada nama besar Fariz RM sebagai vokalis, yang dibantu Jimmy Ignacio dari kelompok Asian Roots (pada hal group Asian Roots waktu itu lagi nge-hits sama lagu-lagu reggae-nya). Malahan lagu “Haruskah Berpisah” yang ga didapuk jadi lagu andalan sempet jadi radio hits.

Track List Ost. Catatan Si Boy 4

  1. Ambisiku, Boy! – Vonny Sumlang
  2. Oke-Oke Saja, Boy! – Fariz RM
  3. Percayalah – Titi Dj
  4. Apa Maumu – Trio H-A-I
  5. Lagu Cinta – Dian A.G.P
  6. Bintang Pujaan – Jala-Jala
  7. Mabuk Asmara – Indrayana
  8. Antara Kita – Farah MP
  9. Haruskah Berpisah – Al Rizal
  10. Naluri Cinta (BOY & VERA) – Rita & Roes

Buat yang nyari-nyari…, mana nih review album soundtrack Catatan Si Boy seri ke 5-nya kok ga ada? Naah…sekalian jadi pencerahan mungkin banyak yang belum tau juga. Pada Film Catatan Si Boy seri ke 5-nya, film ikonik ini ga di dampingin sama album Ost. Album Ost. Catatan Si Boy ke 4, merupakan album soundtrack film CaBo terakhir yang diproduksi. Entah apa alasannya Ost. Cabo 5 tidak di produksi.

Dari pada kita cuman menebak-nebak jawabannya…mending kita nostalgiaan sama lagu-lagu Ost. CaBo 4 yang ada dibawah ini…hehehe…enjoy guysss…

[ai_playlist id=”2096″]

Baca juga : Ost. Catatan Si Boy : Musiknya Anak 80an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here