Pablo Escobar, pria kelahiran Rionegro, Kolombia 1 Desember 1949 dikenal sebagai Raja Kokain Dunia yang menguasai 80% perdagangan narkoba di dunia. Saat itu Ia menjadi orang paling kaya di dunia. Bahkan, jumlah kekayaannya melebihi Bill Gates.

Meski pun dunia mengenalnya sebagai gembong barang terlarang yang paling besar di dunia, sisi lain dari seorang Pablo Escobar muncul di tengah kontroversi yang menyelimutinya.

Di tanah kelahirannya, Kolombia, orang-orang mengenal Pablo Escobar sebagai ‘Robin Hood’ karena Ia selalu menyumbangkan banyak harta yang dimiliki untuk para orang miskin agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Pablo Escobar juga turut membangun daerah-daerah yang masih belum terpenuhi penghidupannya. Sisi keras yang terlihat darinya, mampu dilunturkan dengan sikap kemanusiaan yang melekat pada Pablo Escobar.

Bukan asal sembarangan melakukan tindakan kriminal sebagai pemasok narkoba terbesar di dunia, Pablo Escobar melakukannya karena ingin membuat tingkat kehidupan keluarganya yang hidup serba kekurangan menjadi tercukupi, begitu pula dengan rakyat Kolombia.

Menelisik kembali ke belakang, Pablo Escobar merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai seorang petani dan Ibunya bekerja sebagai guru. Dan sejak kecil Pablo Escobar dibesarkan di Kota Medellín, Kolombia.

Dari semua yang Ia lakukan, Pablo Escobar meraup banyak keuntungan dari bisnisnya tersebut. Ia dapat membeli lahan seluas 20 km di Antioquia senilai jutaan dolar dan membangun rumah mewah Hacienda Nápoles.

Rumah mewah tersebut berisi kebun binatang, danau, taman patung, arena adu banteng pribadi, dan hiburan lain untuk keluarganya dan rekan bisnisnya yang lain.

Di tahun 1989, di perkirakan Pablo Escobar menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih pribadi mencapai hampir 3 miliar dollar. Pablo Escobar juga menjadi pemodal utama bagi klub Medellín’s Atlético Nacional. Klub ini yang memenangkan turnamen sepak bola paling bergengsi di Amerika Selatan, Copa Libertadores, pada tahun 1989.

Escobar juga mensponsori tim sepak bola anak-anak Medellín. Ia juga membangun rumah dan lapangan sepak bola di Kolombia Barat. Karena aksinya itu, Ia sangat populer di kalangan orang miskin.

Meskipun bagi pemerintah Amerika Serikat dan Kolombia Pablo Escobar merupakan musuh utama mereka, tetapi di sisi lain Escobar adalah pahlawan bagi banyak orang di kota Medellín terutama bagi orang-orang miskin. Ia banyak menyumbangkan hartanya ke orang-orang miskin di Medellín, Kolombia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here