Band rock asal Amerika Serikat, Pearl Jam kembali hadir dengan merilis single perdana mereka setelah cukup lama absen. Album baru bertajuk “Gigaton” menjadi karya terbaru Pearl Jam dalam 7 tahun terakhir. Terakhir, Eddie Vedder cs merilis ‘Lightning Bolt’ pada 11 Oktober 2013. Untuk pertama kalinya, Pearl Jam berkolaborasi dengan Josh Evans.

Evans merupakan produser asal Seattle yang sebelumnya pernah menggarap album Soundgarden, Chris Cornell, Mike McCready, dan Jeff Ament. Ia menggantikan posisi Brendan O’Brien yang memproduseri sepuluh album Pearl Jam sebelumnya.

Single perdana yang resmi dirilis Pearl Jam dari album Gigaton, berjudul Dance of the Clairvoyants, dan telah rilis dipasaran pada tanggal 21 Januari 2020. Dalam single perdana kali ini, Pearl Jam memberikan evolusi dalam musiknya dengan membubuhkan nuansa elektro pada lagu yang berdurasi 4 menit 25 detik itu.

Pearl Jam Rilis Single Perdana.

Jeff Ament, bassist Pearl Jam mengatakan, Dance of the Clairvoyants merupakan eksperimen dan kolaborasi apik yang pernah mereka lakukan. “Kami menjajaki ‘pintu’ baru secara kreatif dan itu menarik,” ujarnya seperti dikutip dari Loudwire, Rabu (22/1/2020).

Sang gitaris juga mengatakan kalau pembuatan single perdana kali ini memakan waktu yang cukup panjang. “Penggarapan ‘Gigaton’ memakan waktu yang cukup panjang. Masa itu adalah momen penuh emosi yang sedikit membingungkan namun juga menyenangkan,” ujar Mike McCready, gitaris Pearl Jam seperti dikutip dari Rolling Stone, Selasa (21/1/2020).

Pearl Jam akan mempromosikan ‘Gigaton’ lewat rangkaian tur di Amerika Utara. Eddie Vedder dan bandnya akan memulai tur itu di Toronto, Kanada pada 18 Maret 2020. Rangkaian tur itu akan berakhir di Oakland, California pada 19 April mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here