Lee Chong Wei, pebulutangkis asal Malaysia pensiun

Dunia olahraga bulu tangkis kembali mengalami pengurangan terkait atlet dunia yang memutuskan untuk gantung raket. Dia adalah Lee Chong Wei, pebulutangkis asal Malaysia yang namanya tidak perlu diragukan lagi. Chong Wei memutuskan untuk pensiun lantaran harus fokus dengan masalah kesehatannya.

Pebulutangkis asal Negeri Jiran, Malaysia yakni Lee Chong Wei memutuskan untuk gantung raket. Di lansir dari berbagai sumber, keputusan Lee untuk pensiun ini lantaran dirinya di vonis mengidap kanker hidung pada tahun lalu.

Kabar pensiunnya Chong Wei dari dunia bulu tangkis ini disampaikannya sendiri melalui konferensi perss yang diadakan pada 13 Juni 2019 kemarin. Konferensi tersebut diadakan di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia.

“Hari ini semua orang tahu kurang-lebih apa tujuan saya mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan pensiun dari olahraga ini setelah 19 tahun. Ini keputusan yang berat. Tapi saya tak punya pilihan lain setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang bulan lalu. Saya ingin berterima kasih kepada masyarakat Malaysia” imbuh Lee Chong Wei sambil sesekali mengusap air matanya.

Lee Chong Wei, pebulutangkis asal Malaysia

Keputusan ini pun ia buat lantaran dokter yang merawatnya melarang Chong Wei untuk melakukan aktifitas yang berat. Meskipun bulu tangkis merupakan olahraga yang menyehatkan, namun bulu tangkis memerlukan konsentrasi dan kekuatan.

Kiprah Chong Wei di dunia bulu tangkis sendiri begitu memukau dan menjadi salah satu pemain terbaik dari Malaysia. Ia berhasil memenangkan beragam dengan total kemenangan mencapai 705 kemenangan dan 69 gelar juara. Chong Wei juga memenagkan empat kali kejuaraan All England serta 47 Superseries.

Lee Chong Wei, pebulutangkis asal Malaysia

Selain prestasi yang melimpah, karir Chong Wei juga sempat tersandung kasus yang sempat menghebohkan dunia olahraga. Dimana saat itu ia kedapatan mengkonsumsi obat-obatan. Dirinya terbukti memakai bahan anti pembengkakan yang mengandung dexamethasone yang dilarang. Ia pun mendapat hukuman skorsing dan tidak dapat bertanding untuk beberapa waktu.

Sebelum dirinya di diagnose mengidap kanker hidung, Chong Wei sempat berlatih hingga awal 2019 lalu. Latihan tersebut ia lakukan lantaran dirinya bertekat untuk mengikuti dan memenangkan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Namun sayang, dokter yang memeriksa dirinya tidak mengizinkan Chong Wei untuk bertanding. Hingga keputusan menggantung raket atau pensiun ini pun ia pilih sebagai jalan keluar.

Sebagai bentuk apresiasi Malaysia terhadap Lee Chong Wei, dirinya mendapat penghargaan sebagai salah kepala kontingen Malaysia dalam Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Selain itu Chong Wei juga mengungkapkan akan pergi untuk berbulan madu bersama dengan isteri tercintanya, Wong Mew Choo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here