Bagi para pecinta makanan pedas, makan tidak menggunakan sambal pedas rasanya bagaikan sayur tanpa garam, hampa. Kegiatan makan pun jadi terasa tidak nikmat jika tanpa sambal.

Sambal adalah pelengkap makanan khas Indonesia yang biasa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat menu makanan pendamping jadi lebih terasa nikmat disantap. Di Indonesia sendiri banyak jenis sambal yang punya rasa khas yang pastinya bikin nagih dan dapat membuat suasana makan semakin seru jika ada sambal.

Pecinta makanan pedas wajib menyediakan 5 jenis sambal ini ketika sedang makan. Dijamin lidahmu sangat dimanjakan dengan nikmatnya sambal-sambal berikut ini;

  1. Sambal Terasi.

Kamu pastinya tidak bisa lepas dari sambal tradisional yang satu ini. Yup! Sambal terasi menjadi pilihan yang tak bisa ditolak, sambal terasi banyak dikombinasikan dengan berbagai makanan mulai dari ikan goreng, ayam goreng, atau bahkan makanan khas sunda yang lengkap dengan lalapan dan ikan asin. Hampir semua jenis makanan cocok disandingkan dengan sambal terasi, karena rasa pedas dan aroma khas terasinya mampu membuat nafsu makan semakin memuncak.

  1. Sambal Kecap.

Berisi cabai merah, cabai rawit, ataupun cabai oranye yang dipotong kecil-kecil bersama dengan bawang merah dan tomat sebagai penyempurna sajian sambal kecap. Biasanya sambal kecap dinikmati bersamaan dengan ikan goreng atau ikan bakar yang disantap dengan nasi putih panas. Bahkan, sajian sate kambing atau sate ayam pun kerap kali bumbu kacangnya digantikan dengan sambal kecap.

  1. Sambal Matah.

Sambal matah adalah sambal kesayangan bagi masyarakat Bali. Sambal ini terbuat dari campuran irisan halus cabai rawit, bawang merah yang diaduk dengan jeruk nipis, gula dan garam. Yang membuat sambal ini semakin mantap karena disiram dengan minyak kelapa buatan sendiri. Semua bahan dalam sambal ini hanya dipotong tanpa diulek, inilah yang membuat sambal matah memiliki ciri khas yang membuat banyak orang menyukainya.

  1. Sambal Ijo.

Ini adalah sambal yang warnanya beda dari sambal biasanya yang berwarna merah. Sambal ijo menjadi favorit karena terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, dan bawang merah. Sering disebut sebagai lado mudo, semua bahan ini dihaluskan dan disiram dengan minyak panas. Sambal ijo khas disajikan sebagai pelengkap pada masakan Minang. Sambal ijo nikmat disantap bersama ayam panggang ataupun daun singkong rebus. Rasa pedas sambal ijo memang tidak setajam sambal merah tetapi tetap memberikan sensasi pedas yang mantap.

  1. Sambal Dabu-dabu.

Orang asli Manado pasti hafal dengan sambal yang satu ini. Sambal dabu-dabu punya rasa yang khas, dan sambal dabu-dabu mirip dengan sambal matah khas Bali namun sensasainya tetap berbeda. Untuk membuat sambal dabu-dabu dibutuhkan bahan seperti tomat merah, tomat hijau, cabai dan kucuran jeruk lemon cui. Sambal dabu-dabu cocok disantap untuk makan-makanan laut ataupun ikan laut bakar.

Kalau kamu, paling favorit banget dengan sambal yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here