Para pecinta superhero, khususnya superhero DC Comics tentu sudah tidak asing lagi dengan kahadiran salah satu tokoh pengganggu dan musuh sepanjang masa Batman, yakni Joker. Karakter Joker merupakan salah satu karya milik DC yang bermula dari sebuah komik.

Sosoknya pertama kali muncul pada sebuah komik Batman #1 yang dirilis pada tahun 1940. Sejak kemunculannya, Joker kerap kali diperankan oleh banyak aktor berbeda. Berikut ini adalah daftar pemeran Joker dari masa ke masa yang perlu diketahui.

  1. Mark Hamill
Mark Hamill

Pada era 1990-an, nama Mark Hamill sempat muncul sebagai pengisi suara dari karakter komik DC, Joker. Hamill mengisi suara Joker dalam film serial animasi dari tahun 1992 sampai 1995, yakni Batman: The Animated Series.

Mark Hamill bahkan menjadi salah satu aktor yang berhasil menciptakan suara Joker paling ikonik sepanjang sejarah. Hamill dianggap berhasil mengisi suara Joker dengan ciri khasnya sendiri. Berkat suaranya yang khas dan ikonik itu pula Mark Hamill berhasil dipercaya kembali untuk mengisi suara Joker untuk sebuah serial game, Batman: Arkham Asylum.

  1. Cesar Romero
Cesar Romero

Aktor pertama yang memerankan karakter badut psikopat ini adalah Cesar Romero. Dirinya berperan sebagai Joker untuk serial televisi Batman yang tayang pada tahun 1966 hingga 1968. Di tangan Cesar Romero pula sosok Joker ini digambarkan sebagai badut psikopat yang kerap kali mengeluarkan tawa kecil dan menyeramkan.

Bukan hanya tampil dalam serial televisi saja, Cesar Romero juga dipercaya untuk memerankan Joker dalam film layar lebar. Saat itu dirinya berperan sebagai Joker pada film Batman (1966), karya sutradara Leslie H. Martinson.

  1. Jack Nicholson

Sosok Jack Nicholson muncul ketika Tim Burton mulai menyentuh produksi DC. Nicholson muncul dalam film Batman (1989), dimana karakter Joker pada film ini digambarkan sebagai gangster bernama Jack Napier.

Tim Burton pun mengubah citra Joker menjadi sosok yang sadis dan dapat membunuh siapa saja tanpa alasan. Bukan hanya itu saja, Joker ciptaan Tim Burton yang diperankan oleh Nicholson ini pun dapat merancang berbagai tindak kejahatan yang akan ia lakukan.

Nicholson pun sukses memerankan karakter Joker yang berbeda dari sebelumnya. Joker dalam film yang di sutradarai Tim Burton ini memiliki kulit yang putih dan berambut hijau. Hal ini lantaran perkelahiannya dengan Batman, yang menyebabkan Joker masuk ke dalam tangki yang berisikan limbah kimia.

  1. Heath Ledger

Nama Heath Ledger merupakan satu-satunya nama yang paling melekat dengan sosok Joker. Peran dan aktingnya yang sukses memukau para penonton ini pun berhasil mencuri perhatian. Ledger bermain dalam film The Dark Knight (2008), dan berperan sebagai sosok Joker.

Heath Ledger

Bersama dengan sutradara Christopher Nolan, Ledger berhasil memerankan karakter Joker yang paling legendaris. Di tangan Ledger sosok Joker pun memiliki beragam ciri khas yang paten seperti cara berdiri, cara bergerak, hingga cara berbicara dengan orang lain.

Kesuksesan Heath Ledger dalam memerankan Joker ini juga di dukung dengan keberhasilan dirinya membawa pulang penghargaan dalam ajang Academy Awards (Oscar). Ledger berhasil memenangkannya untuk kategori Best Supporting Actor. Tak heran sosok Ledger lah yang paling melekat di benak para penggemar tentang sosok Joker, si badut psikopat yang menyeramkan.

  1. Jared Leto
Jared Leto

Para penggemar DC kali ini harus menelan kekecewaan kepada Jared Leto. Pasalnya, Jared dianggap gagal memerankan sosok Joker dalam film Suicide Squad (2016). Aktingnya sebagai Joker pun di nilai gagal lantaran banyak sekali adegan yang diperankannya harus di potong.

Kegagalan Jared Leto dalam memerankan Joker ini bukan hanyalah kesalahan dirinya saja. Hal ini juga di nilai sebagai kesalahan dari sutradara yang kurang maksimal menggarap film Suicide Squad (2016). Jared Leto pun tidak mampu melampaui akting dan keberhasilan aktor pemeran Joker sebelumnya.

  1. Joaquin Phoenix
Joaquin Pheonix

Kegagalan Jared Leto dalam memerankan karakter Joker ini pun membuat Todd Phillips selaku sutradara dari film Joker (2019) mempercayakan Joker ditangan Joaquin Pheonix. Dalam karakter yang disutradari oleh Todd Phillips, sosok Joker akan dilabeli dengan nama Arthur Fleck.

Penggemar DC khusunya Joker sudah sangat menantikan film Joker (2019) yang akan dipastikan tayang pada 4 Oktober 2019 mendatang. Hal ini membuat para penggemar DC menaruh harapan besar dengan akting Phoenix. Bahkan, trailer resmi yang sudah dirilis oleh Warner Bros pun mendapatkan respon baik dari para penggemar.

Tentu saja ini menambah kepercayaan diri dari Joaquin Phoenix dalam memerankan sosok Joker, badut psikopat yang menyeramkan.

Itu lah keenam aktor yang telah berhasil maupun dianggap gagal memerankan Joker. Besar harapan dari penggemar DC untuk akting dari Joaquin Phoenix sebagai generasi baru dari sosok Joker. Penasaran bagaimana dengan akting Phoneix ini? Nantikan aksinya di bioskop kesayangan Anda pada bulan Oktober mendatang.

Baca juga : Trailer Resmi Joker (2019) Dirilis oleh Warner Bros

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here