Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang banyak disukai. Olahraga yoga disukai karena dilakukan dengan gerakan yang sederhana dan cenderung tidak memerlukan banyak pergerakan yang berlebih, dan juga yoga memberikan efek tenang karena rileksasi yang dilakukan disela-sela kegiatan yoga. Maka dari itu, sepertinya yoga sangat cocok sekali dilakukan oleh mereka yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, karena lebih aman dibanding dengan melakukan olahraga yang membutuhkan banyak pergerakan yang memungkinkan terjadinya cedera.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Apa itu High Impact Exercise Bagi Tubuh

Meski begitu, Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas ketika melakukan yoga penting sekali memperhatikan gerakan yoga yang dilakukan, agar tidak terjadi cedera. Gerakan yoga bagi usia 40 tahun ke atas dipercaya dapat membuat perempuan yang berusia di atas 40 tahun ke atas akan tampak lebih awet muda jika rutin melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut. Apa saja gerakan-gerakan yoga tersebut?. Berikut kita simak informasinya;

  1. Gerakan Plow.

Gerakan yoga yang pertama yang sangat bermanfaat bagi perempuan berusia 40 tahun ke atas adalah Gerakan Plow (Halasana). Gerakan ini tidak hanya berguna untuk membantu regenerasi kulit sehingga kulit wajah akan lebih awet muda, tetapi Gerakan Plow ini juga akan membantu tubuh agar bisa lebih segar daripada sebelumnya. Gerakan Plow berupa gerakan kedua kaki yang ditekuk ke bagian depan hingga bagian perut terangkat dan ujung kaki menyentuh matras di depan bagian kepala Anda. Gerakan Plow dapat melancarkan sirkulasi darah hingga ke bagian kepala dan wajah.

  1. Gerakan Shoulder Stand.

Gerakan yoga yang kedua adalah Gerakan Shoulder Stand (Sarvangasana). Gerakan ini juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian kepala dan kulit wajah. Gerakan Shoulder Stand memang sedikit sulit untuk dilakukan. Tetapi Anda bisa meminta bantuan dari pelatih atau pengajar yoga agar bisa melakukan gerakan Shoulder Stand dengan baik dan benar.

Sesuai dengan nama gerakannya, Gerakan Shoulder Stand bisa dilakukan dengan cara tubuh dibaringkan di lantai dengan kedua tangan ditempatkan di samping badan. Kemudian telapak tangan diletakan di lantai sambil ditekan dengan posisi kaki diangkat hingga membentuk sudut 90 derajat. 

Itulah 2 gerakan sederhana dalam yoga yang penting sekali untuk Anda ketahui. Meski pun hanya 2 gerakan, tetapi mampu membuat wajah dan tubuh seseorang yang berusia 40 tahun ke atas terasa lebih segar dan bugar apabila kedua gerakan yoga ini dilakukan dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here